Dispar Karimun, Sambut Hari Jadi Karimun Dengan Lestarikan Budaya

Salah satu even festival Pelangi Budaya Nusantara beberapa waktu tahun lalu dalam rangka hari jadi kabupaten Karimun.(Foto:Isitimewa)

KEPRINEWS.CO.ID, KARIMUN – Tidak lama lagi kabupaten Karimun akan menginjak usia ke-23 tpada bulan Oktober mendatang. Pemerintah kabupaten Karimun menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya menggerakan dunia pariwisata dengan Menyelenggarakan kegiatan yang menarik.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Karimun Ahadian Zulseptriadi menjelaskan, pihaknya sudah mengatur kegiatan dibulan Oktober mendatang yang dipusatkan di Coastal Area.

“Alhamdulillah, setelah terjadi pandemi Covid-19 dua tahun lebih kita vakum tidak ada kegiatan. Dan, nanti banyak kegiatan kesenian dalam rangka melestarikan budaya Nusantara mulai dari kesenian tradisional melayu, permainan rakyat, gerak jalan dan sebagainya,” tuturnya, Sabtu (24/9/2022).

BACA JUGA WAK:  Kejari Karimun, Musnahkan BB Berupa Satu Unit Kapal Ikan

Salah satu even festival Pelangi Budaya Nusantara beberapa waktu tahun lalu dalam rangka hari jadi kabupaten Karimun.(Foto:Isitimewa)

Agenda tersebut dimulai dari awal Oktober yaitu tepatnya 2 Oktober dimulai dari parade pencak silat yang berlokasi di Coastal Area dan Padepokan, kemudian dilokasi yang sama 16 Oktober mendatang dilaksanakan fun walk yang dibuka untuk umu. Selanjutnya, pada tanggal 21 dan 22 Oktober malam ada pagelaran tari pelangi budaya nusantara yang berpusat di Coastal Area dan terakhir festival gasing dan layang-layang 29-30 Oktober.

BACA JUGA WAK:  Kejari Karimun, Musnahkan BB Berupa Satu Unit Kapal Ikan

“Disini, kita ingin melestarikan seni dan budaya Nusantara bagi anak-anak muda. Selain itu ada juga, kegiatan dari OPD lain, sehingga bisa bisa menarik Wisman untuk berkunjung ke Karimun nanti,” paparnya.

Masih kata Ahadian lagi, pada tahun sebelum-sebelumnya Dinas Pariwisata Karimun juga telah menyelenggaran kegiatan festival tari Nusantara yang pesertanya cukup ramai. Dan, ada juga dari negara tetangga yang turun hadir meriahkan kegiatan tersebut.

BACA JUGA WAK:  Kejari Karimun, Musnahkan BB Berupa Satu Unit Kapal Ikan

“Melalui kesenian tari Nusantara tersebut, agar bisa kita lestarikan kepada generasi penerus supaya tidak pudar di era digitalisasi sekarang,” ucapnya.

Sementara itu Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Karimun Agustyawarman menyambut baik atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata. Sehingga, bisa menarik wisman untuk berkunjung ke Karimun nantinya dibulan Oktober.

Apalagi, jalur pelayaran tujuan Singapura ditambah operasional kapal disetiap Sabtu dan Minggu.

“Disini, kita sebagai pengusaha perhotelan dan restoran mendukung. Selain wisman dari Singapura dan Malaysia, kita juga optimis kunjungan wisatawan lokal juga akan naik nanti,” kata Awan panggilan akrabnya.(*)