ICMI Kepri Gelar Dialog Evaluasi Capaian Pembangunan pada HUT-ke 20 Provinsi Kepri

Pelantikan ICMI Kepri beberapa waktu lalu.

TANJUNGPINANG – Pada Sabtu, 24 September 2022 Provinsi Kepulauan Riau genap berusia 20 tahun.
Negeri Segantang Lada ini berdiri berdasarkan UU No 25 Tahun 2002 dan merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia. Pada Perayaan ulang tahun Provinsi Kepulauan Riau tahun ini mengusung tema “Ekonomi Pulih Kepri Sejahtera”. Dalam usia yang relatif muda telah banyak pembangunan yang dilaksanakan, perubahan dan kemajuan mulai nampak dan dirasakan. Namun, disisi lain pasti ada catatan dan kekurangan yang harus diperbaiki di masa depan.

Idealnya, momentum hari jadi Provinsi Kepulauan tidak sekedar hanya perayaan bertambahnya usia, namun harus dimaknai secara lebih mendalam. Momentum ini harus dijadikan sebagai wadah untuk melakukan evaluasi terhadap capaian pembangunan Provinsi Kepulauan Riau dalam 20 tahun terakhir.

BACA JUGA WAK:  Cabjari Natuna Dapat Penghargaan dari Jaksa Agung Muda Kepatuhan Bidang Pidana Khusus

Ikatan Cendikiawan Muda Indonesia (ICMI) Provinsi Kepri mengagendakan menggelar diskusi untuk mengevaluasi pembangunan di Provinsi Kepulauan di Asrama Haji Tanjungpinang JUmat (23/9/2022). Menurut Dr Bismar, Ketua Bidang Pengembangan Etika Berbangsa dan Bernegara ICMI Kepri, Diakog yang akan digelar di asrama haji ini digelar secara hybrid yang pesertanya bisa secara online dan juga ada peserta yang hadir melalui aplikasi zoom meeting.

“Evaluasi ini harus dimaknai sebagai proses introspeksi dalam rangka perbaikan dan percepatan pembangunan di Provinsi Kepulauan,” kata Dr. Bismar.

BACA JUGA WAK:  Imigrasi Sebagai Benteng Kedaulatan Negara yang Mempunyai Empat Fungsi

Menurut Bismar, Dialog ICMI ini digelar melihat dari semangat berkontribusi untuk kemajuan daerah Minda Cendekia Club Kepulauan (MCC-Kepri). MCC-Kepri ini merupakan wadah diskusi bulanan ICMI Kepri dan agendanya bulan ini mengangkat tema Refleksi 20 Tahun Provinsi Kepulauan Riau.

“Tujuan diskusi ini sebagai wadah evaluasi konstruktif dari Cendekiawan Kepulauan Riau terhadap capaian pembangunan Provinsi Kepuluan Riau dalam 20 tahun terakhir dan kontribusi pemikiran kaum cendekia terhadap upaya percepatan pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau ke depan,” sebutnya.

Ada tiga narasumber akan hadir dalam diskusi yang akan dipandu Suyono Saeran selaku jurnalis dan Timsus Gubernur Kepri. Masing-masing nara sumber Drs. H. Naharuddin, M. TP (Widyaswara Ahli Utama) yang akan mengupas Refleksi 20 Tahun Provinsi Kepulauan Riau dalam Perspektif Pemerintahan. Lantas ada Dr. Susi Marni, SE, MM (Akademisi dan Praktisi) yang akan mengupas tentang refleksi pembangunan di Kepri serta Dr. Oksep Adhayanto, SH, MH (Dekan Fisip Umrah) akan membahas dalam perspektif sosial politik.

BACA JUGA WAK:  Imigrasi Sebagai Benteng Kedaulatan Negara yang Mempunyai Empat Fungsi

“Diksusi ini akan dilaksanakan pada Jumat (23 September 2022), mulai pukul 09-11.30 Wib di Asrama Haji, Jalan Pemuda Kota Tanjungpinang. Bagi kalangan cendekia, akademisi, birokrat, mahasiswa, jurnalis dan kelompok masyarakat yang ingin hadir dapat melakukan pendaftaran melalui link berikut :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfSk8QvOTLcmHHIU1cXqRyPwQ7tttnsK8UiVxpdb1aB1rBQ8w/viewform?usp=sf_link .” jelas Bismar. (*/arl)