Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Dukung E-PAS Bagi Nelayan

KEPRINEWS.CO.ID, KARIMUN – Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq menghadiri pembukaan gerai Elektronik Pas (E-Pas) kecil bagi nelayan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun di desa Tulang kecamatan Selat Gelam, Selasa (20/9/2022) kepada nelayan yang memiliki kapal dibawah 3 Gross Tonage (GT).

“E-Pas kecil ini harus dimiliki nelayan sebagai dokumen kepastian hukum nelayan kita yang punya banyak manfaatnya, mudah-mudahan segera menyasar ke semua nelayan di Kepri. Kami tentu akan terus mendorong hal ini,” ujarnya.

Sedangkan, pihaknya Pemerintah Provinsi Kepri akan membantu pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan yang memiliki kapal di bawah 5 GT. Dengan pembiayaan sistem blendid budgeting, sebesar 50 persen dari masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota.

BACA JUGA WAK:  Cabjari Natuna Dapat Penghargaan dari Jaksa Agung Muda Kepatuhan Bidang Pidana Khusus

“Jumlah nelayan yang dicover untuk pembiayaan BPJS Ketenagakerjaannya sebanyak 34.418 orang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi mengatakan, penyerahan e-pas kecil yang merupakan terobosan digitalisasi baru Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu, bahkan dihadiri oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

“E Pas yang sudah kita terbitkan ada 200 orang nelayan di desa Tulang. Dengan adanya, e-pas kecil merupakan bukti legalitas atau status hukum kapal dan untuk mengidentifikasi kepemilikan kapal nelayan dibawah tujuh GT,” ungkapnya.

BACA JUGA WAK:  Imigrasi Sebagai Benteng Kedaulatan Negara yang Mempunyai Empat Fungsi

Pemanfaatan, e-pas kecil sendiri bagi nelayan atau pemilik kapal sebagai persyaratan mendapat peminjaman dana dari bank serta mendapatkan program subsidi dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Dan, semakin mudah dengan menggunakan QR Code berisi data atau dokumen lengkap kepemilikan kapal. Sehingga, e-pas tersebut sudah bisa diproses dengan identifikasi data kapal melalui scan ditelepon pintar dengan QR barcode.

BACA JUGA WAK:  Imigrasi Sebagai Benteng Kedaulatan Negara yang Mempunyai Empat Fungsi

“Sebelumnya, para nelayan telah memilik pas kecil dalam bentuk blanko yang rawat rusak dan hilang saat melaut. Namun, sekarang sudah ada e-pas kecil yang jauh lebih bagus dan efisien sebagai kepemilikan kapal,” ucapnya.

Sementara itu, Sutarno ketua nelayan desa Tulang kecamatan Selat Gelam menuturkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dalam pengurusan e-pas. Sehingga, pihaknya siap mendukung program pemerintah.

“Ada 118 nelayan yang mendapatkan e-pas. Dan, sudah sangat bisa membantu untuk berbagai keperluan bersama pihak bank,” katanya.(edy)