Pesona Tanjungsiambang dan Tanjungsetumu di Tanjungpinang

Perbatasan Pantai Tanjung Siambang dengan Tanjung Setumu, Dompak

Bagi warga Tanjungpinang nama Pantai Tanjungsiambang dan Pantai Tanjungsetumu tentu sudah tidak asing lagi. Namun, bagi wisatawan domestik dari luar daerah serta mancanegara, tentu nama dua pantai yang ada di Pulau Dompak masih jarang mereka dengar.

Panoramanya pantai berpasir sejernih kristral, wisata bahari menakjubkan dan lanskap tropis, serta pulau penuh keseruan, pasti lokasi wisata murah meriah ini membuat Anda terpesona.

Pulau Dompak kini kini sedang banyak berbenah menuju salah satu objek wisata. Kawasan ini awalnya berupa pulau yang penduduknya sangat jarang. Dari Tanjungpinang mesti ditempuh dengan boat atau pokcai. Namun Kini Dompak merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepri. Ada tiga jembatan panjang yang dibagun pemerintah sejak 2009 untuk menghubungkan daratan Dompak dengan daratan Tanjungpinang.

Dompak kini dicintai banyak orang dan menjadi rumah dari serangkaian pengalaman nan menakjubkan. Kini di Dompak banyak tempat rekreasi. Selain ada Taman Migas, juga ada bundaran indah berlogo Pemprov Kepri. Ditambah lagi kini sudah ada Monumen Trimatra yang selalu ramai di setiap sore hari apa lagi di hari libur. Di Dompak juga sudah ada stadion sepakbola.

BACA JUGA WAK:  Peringati Hari Disabilitas Internasional 2022, Ketua TP PKK Kepri Sebut Keluarga Tak Boleh Malu Punya Keturunan Disabilitas

Namun, melancong ke Dompak tentu belum lengkap rasanya kalau belum menikmati indahnya pantai Tanjungsiambang dan Pantai Tanjungsetumu. Tanjungsambang dan Tanjungsetumu posisinya berada di ujung Barat Pulau Dompak.

Tanjungsiambang posisinya menghadap ke Pulau Basing yang dikenal sebagai sebagai Pulau tak berpenghuni tempat Penjara di jaman penjajahan Belanda. Pulau Basing jaraknya hanya sekitar 2 mil dari Pantai Tanjungsiambang. Bahkan, saat air laut sedang surut kering, pulau yang dikenal penuh misteri ini bisa ditempuh dengan menyeberang jalan kaki dengan ketinggian air sampai ke paha. Namun, jika ingin menyeberang mesti hati-hati karena arus air laut kadang cukup kencang dengan kondisi dasar laut banyak karang tajam. Saat air surut banyak warga yang menyari kerang di lokasi ini.

Sementara, Tanjungsetumu posisinya menghadap ke gugusan pulau Rempang dan Galang (Batam). Pantai Setumu lokasinya lebih terbuka hingga angin lautnya lebih kencang. Di musim-musim tertentu ombak lautnya juga kuat.

BACA JUGA WAK:  Makamah Agung RI Resmikan Operasional 51 Kantor Pengadilan dari Tanjungpinang

Tanjungsiambang dan Tanjungsetumu cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

Anda dapat mencapai Tanjungsiambang dan Tanjungsetumu dengan masuk jalan perumahan Dompak tepatnya melewati Kantor Satpol PP Provinsi Kepri. Tepatnya klik disini googlemap Tanjungsetumu Dompak.

Setelah tiba di ujung aspal depan Kantor Satpol PP, Anda bisa belok kiri untuk menuju Pantai Tanjungsiambang. Ada banyak tempat berteduh berupa pondok yang dibangun pengelola pantai untuk beristirahat dan bersantai wisatawan.

Namun untuk menuju Pantai Tanjungsetumu, Anda harus jalan terus ke arah Barat ujung Pulau Dompak. Akses jalannya masih jalan tanah. Meski jalannya lebar namun belum diaspal dan objek wisata ini baru ramai dua tahun terakhir ini.

Keseruan melancong ke Pantai Setumu dan Tanjungsiambang akan makin lengkap jika Anda datang saat air laut sedang pasang. Anda bisa mandi sepanjang pantai berpasir. Namun mesti hati-hati untuk tidak menuju lokasi yang lebih dalam karena di musim-musim tertentu arus air laut terasa lebih deras.

BACA JUGA WAK:  Markas Koarmada I di Tanjungpinang Diresmikan

Pengelola pantai juga menyediakan pondok-pondok berupa gazebo kecil untuk wisatawan yang akan bilas setelah mandi air laut.

Bagi Anda yang hendak mewujudkan mimpi berdiri diujung pulau menghadap sunset bisa datang ke Tanjungsetumu. Dari sini matahari senja terlihat terbenam di balik samudera di ujung senja.

Jika Anda tidak tertarik bermain di pantai bermandikan cahaya mentari, habiskan saja waktu sore hari Anda di restoran seafood yang banyak dijajakan di di sekitar Pulau Dompak. Pastikan sebelum makan Anda menanyakan harga barang yang akan dikonsumsi untuk menghindari kemungkinan oknum yang mencari keuntungan sebesar-besarnya kepada wisatawan yang dianggap jarang datang.

Selamat menikmati dan selamat berlibur. Semoga pelancongan Anda mengesankan dan sebar artikel ini untuk berbagi informasi ke rekan dan kerabat Anda agar bisa ikut menikmati sensasi wisata Tanjungsetumu dan Tanjungsiambang, Pulau Dompak, Tanjungpinang. (*/arl)