Kapal Tenggelam, Dua ABK Seminggu Terapung Pakai Busa di Laut

Kapal yang karam serta ABK dan nahkoda yang selamat.

BINTAN – Nahkoda dan Aanak Buah Kapal (ABK) KM Putri Kencana Dewa GT-6 warga Letung Kecamatan Jemaja yang sempat hilang selama sepekan, akhirnya ditemka dengan selamat. Dua ABK yang belakangan diketahui bernama Arahman dan Zainal ini hilang setelah mesin kapal mereka rusak. Dan keduanya kehilangan kontak di Perairan Tokong Malang Biru.

Informasi yang diperoleh, kapal itu tenggelam pada Jumat 26 November 2021 sekira pukul 05.00 wib pada sekitar 37 mil arah tenggara dari perairan sekitar Pulau Palang Biru.

“Kapal motor korban terkena ombak besar dari buritan kapal yang membuat kapal langsung tenggelam. Nakhoda dan satu ABK-nya menyelamatkan surat-surat kapal dan mereka berdua bertahan dirakit yang dibuat dari tutup piber. Mereka terombang ambing selama 6 hari di laut yang kemudian diselamatkan oleh nelayan tambelan bernama Syafni Efendi dan selanjutnya dibawa ke Pulau Tambelan,” kata Alson.

BACA JUGA WAK:  Tambang Pasir Ilegal di Gunung Kijang Digerebek Polisi

Penemuan dua ABK yang sempat hilang ini langsung bikin geger. Karena mereka berdua mampu bertahan selama seminggu diatas penutup bok fiber yang mereka gunakan untuk mengapung.

Penemuan dua korban ini langsung heboh setelah ada info dari anggota Basarnas kepada Bripda Rio Karma yang merupakan anggota Satpolairud Polres Kepulauan Anambas, bahwa ada info dari Nelayan Tambelan yang menemukan Rahim dan Zainal Abidin di perairan Tembelan dengan kondisi selamat.

Mendapat info tersebut, Bripda Rio Karma langsung menelpon Bripka Erie Intel Polsek Tambelan untuk menanyakan kebenaran penemuan kedua ABK Putri Kencan Dewa 2 yang sudah selama sepekan dicari-cari oleh tim penyelamat.

BACA JUGA WAK:  Tambang Pasir Ilegal di Gunung Kijang Digerebek Polisi

Selanjutnya pihak Polsek Tembelan membenarkan ada nelayan yang menemukan korban ABK KM Putri Kencana Dewa 2 atas nama Rahim dan Zainal Abidin dengan Keadaan Selamat dan saat ini sedang berada di Tambelan.

Kemudian Bripda Rio Karma menelpon Bripka Erie untuk meminta berbicara langsung dengan kedua korban lewat telepon seluler untuk memastikan bahwa keduanya adalah ABK Putri Kencana Dewa 2 yang selama ini dicari tim penyelamat.

Informasi dari kedua korban, KM Putri Kencana Dewa 2 yang mereka kemudikan awalnya tidak mengalami kerusakan pada mesin hingga kapal itu bisa berlayar dan beroperasi dengan baik. Saat hendak menolong kapal temannya yang sedang mengalami rusak Kemudi, tiba tiba kapal Putri Kencana Dewa terkena angin kencang dan terbalik di perairan Tokong Malang Biru dengan titik koordinat yang belum bisa mereka pastikan. Rahim selaku kapten kapal bersama ABK-nya Zainal Abidin sempat hanyut selama 6 hari di laut menggunakan tutup Fiber yang mengapung dari kapal. Setelah enam bulan mengapung, baru mereka berdua mendapat pertolongan dari nelayan Tambelan dan di bawa ke Tambelan.

BACA JUGA WAK:  Tambang Pasir Ilegal di Gunung Kijang Digerebek Polisi

Kasihumas Polres Bintan Ipdq Missyamsu Alson saat dihubungi mengakui mendapat informasi tersebut. Namun ia belum menerima informasi lebih detail.

“Informasinya, dua korban selamat dan ada di Tambelan,” kata Alson. (*/arl)