Desa Kotabatu Masuk Promosi Desa Wisata, Penganan Khas Ditelusuri Tim Juri

Air Panas Danau Ranau yang menjadi salah satu objek wisata unggulan.

RANAU – Masuk dalam pilihan nominasi Desa Wisata Dinas Pariwisata, Desa Kotabatu Kecamatan Warkuk Ranau Selatan (WRS) mendapat kunjungan team penilai dari provinsi. Penilaian yang langsung menyurvei kondisi suasana serta data terkait strategi keberhasilan menarik minat kunjungan wisata ini, dikonfirmasi langsung oleh Budi Mulya.

“Nantinya akan tersaring 12 di Provinsi Sumsel yang dinilai layak menjadi Desa Wisata yang dinaungi oleh Dinas Pariwisata Pariwisata dan Budaya Provinsi Sumsel. Bisa dalam bentuk promosi via link mereka untuk menarik investor dan wisatawan secara global,” kata Budi yang juga telah lama tertarik terkait seni budaya masyarakat, dan sebagai pengelola area rekreasi Taman Langit dan banyak dikenal lewat karya fotografinya.

Camat WRS dan Pem-kades Desa Kotabatu yang dikonfirmasi Keprinews.co.id menyatakan mendukung penuh upaya pengajuan wilayahnya untuk terajukan ke Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif ini.

“Semoga saja kita bisa masuk dalam 12 besar,” kata Fathan Rasyid, Camat Wrs.

Selain mengunjungi beberapa lokasi wisata di Desa Kotabatu, Tim juri dari Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Sumsel juga menyempatkan melihat beberapa proses pembuatan penganan khas masyarakat.

“Rasa kue ali derom ini, ‘boleh’ juga!” ujar tim ketika melihat dan mencicip kue produksi rumahan Ida Rales yang bisa di-order lewat akun facebook.(nzm)