10 Komunitas Nobar Terbaik PKN 2021 Masing-masing Dapat Rp50 Juta

    Logo PKN 2021

    TANJUNGPINANG – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di tahun ini. PKN tahun ini masih dilaksanakan secara daring karena situasi belum pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

    PKN tahun 2021 ini mengusung tema; “Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan”. (Cerlang meruakan singkatan dari Cermat Mengolah Peluang. PKN tahun 2021 kali ini juga berusaha mengajak masyarakat untuk kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset. Dari aset tersebut, lalu diadaptasi menjadi cara hidup yang kekinian untuk menjawab tantangan dari perkembangan dan perubahan zaman.

    Sementara sub tema yang diangkat berkaitan dengan kehebatan kearifan lokal pada sandang, pangan, dan papan. Diharapkan sektor-sektor sandang, pangan dan papan nantinya akan menjadi landasan dari penyelenggaraan program-program utama PKN.

    Berbagai program PKN tahun ini terdiri dari kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, serta Pekan Kebudayaan Daerah. Ajang ini sebagai wadah interaksi budaya dari desa hingga ke pusat dan akan menjaring Cerlang Nusantara dari masing-masing daerah.

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi

    Toto Sucipto, Kepala BPNB Provinsi Kepulauan Riau menuturkan, PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual dan puncaknya akan digelar pada 19 November hingga 26 November 2021.

    “Kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari Juli 2021, dan hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dilaksanakan dan beberapa sudah disiapkan untuk tayang. Masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial dan website pekan kebudayaan nasional,” terangnya.
    Dalam kegiatan PKN tahun ini telah ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.

    Selain itu, PKN melibatkan insan-insan kreatif dalam tayangannya: Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, Lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, Raymond Ahari.

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi

    Selain seniman budayawan dari daerah yang telah melaksanakan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD), ada pula sederetan musisi band, penyanyi ternama, yang akan tampil seperti Slank, Reza Aramevia, Titi DJ, Godbless, Eva Celia, Fourtwnty, Andien, Dere, Ndah n Rhesa, Kikan, Vicky Sianipar, dan sederet artis lainnya.

    Penyelenggaraan PKN sebagai pergelaran berbasis budaya di tengah-tengah situasi pandemi akan dikemas dengan cara kekinian. Tradisional bertemu teknologi, potensi budaya dikemas apik sebagai bagian dari pergelaran Pekan Kebudayaan Nasional. Dengan demikian diharapkan dapat memastikan nyala api dan semangat pemajuan kebudayaan tetap terjaga di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

    Melalui penyelenggaraan PKN 2021 yang dapat diakses sepenuhnya oleh masyarakat diharapkan dapat menginspirasi untuk cermat mengolah peluang dari kearifan-kearifan lokal yang dapat mencerlangkan Indonesia.

    “Selain itu tentunya melalui berbagai program PKN masyarat diharapkan dapat menemukan kembali kekayaan sandang, pangan, dan papan, untuk menjawab tantangan kehidupan di masa mendatang,” kata Toto Sucipto.

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi

    Menurut Toto, Puncak PKN 2021 yang dilaksanakan pada 19-26 November 2021 secara daring di website www.PKN.id, kanal budaya Indonesia TV, yuotube: budayasaya, bpnbkepri.

    Toto Sucipto juga mengajak warga yang menyaksikan Pekan Kebudayaan Nasional 2021 untuk mengajak lembaga atau komunitas agar nonton bareng. “Abadikan nobar-nya, tayangkan di sosial media dan tandai @pekankebudayaannasional dengan tagar #cerlangnusantara, #generasicerlang, #pkn2021,” imbau Toto Sucipto.

    Toto juga berharap agar nobar dilakukan dengan kreatif yang memanfaatkan unsur sandang, pangan, papan yang ada di sekitar kita.

    “Nonton dari www.PKN.id atau Indonesiana.TV. Cek jadwalnya sekarang ya. Pilih acara yg kamu suka. Untuk sepuluh komunitas/lembaga penyelenggara nobar terbaik akan mendapat dukungan penyelenggaraan kegiatan tahun 2022 masing-masing Rp50 juta,” kata Toto Sucipto.(*/arl)