Gubernur Ansar Tinjau Asrama Kafilah STQH Kepri

Gubernur Meninjau Kafillah Kepri di Sofifi.

SOFIFI – Kafilah Provinsi Kepulauan Riau telah berada di Sofifi, ibu kota Maluku Utara. Kafilah kepri akan berlomba di Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional XXVI mulai 14 Oktober hingga 24 Oktober 2021.

Sebelum berangkat ke Sofifi, Ternate, kafilah Kepri untuk STQH-N XXVI terlebih dahulu dikumpulkan di Batam mengikuti training center (TC). TC-nya dipusatkan di Hotel Haris, Batam sejak awal Oktober lalu.

Selama TC, para qari dan qari’ah selain berlatih teknis sesuai bidang lomba, juga dilatih kedisiplinan, kekompakan, olah raga. Olah nafas dan vokal juga tidak ketinggalan serta dukungan lainnya oleh para mentor selama pemusatan latihan di Batam.

BACA JUGA WAK:  Gubernur Ansar Ajak Jaga Harmonisasi Karena Pemulihan Kekacauan Butuh Waktu yang Lama dan Biaya Besar

Kafilah Kepri dalam STQH XXVI tahun ini dipimpin oleh H. Tengku Afrizal Dahlan. Kafilah Kepri keseluruhan menyatakan siap untuk mengikuti seluruh jenis perlombaan.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad SE MM ketika mengunjungi asrama Kafilah Kepri di Sofifi, Sabtu (16/10/2021) juga mengatakan kesiapan Kafilah Kepri untuk mengikuti seluruh rangkaian perlombaan. Bahkan Ansar menyebut kesiapan kafilah Kepri di STQH-N XXVI di Maluku Utara sudah sangat bagus.

“Para kafilah terlihat sehat, segar dan siap bertanding melawan kafilah lainnya dari perwakilan provinsi se-Indonesia. Asrama dan fasilitas penunjangnya cukup bagus. Saya lihat para kafilah kita juga sangat siap baik dari sisi mental, psikis dan kemampuan. Kita optimis beberapa cabang di STQH tahun ini bisa tampil sebagai juara,” kata Gubernur.

BACA JUGA WAK:  Gubernur Ansar Ajak Jaga Harmonisasi Karena Pemulihan Kekacauan Butuh Waktu yang Lama dan Biaya Besar

Adapun cabang lomba yang akan diikuti oleh para kafilah Kepri yakni Tilawah Dewasa dan Anak Putra Putri. Selain itu Kepri juga ikut Hifdzil 1 juz, 5 juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri serta hapalan 500 Hadist putra putri.

Gubernur berpesan kepada para qari dan qari’ah  Kepri agar tetap tenang dan konsentrasi penuh selama perlombaan.

“Jika kita yakin bisa menang, maka insya Allah akan dikabulkan. Semoga saja di beberapa cabang yang diikuti,  qari dan qari’ah Kepri bisa meraih juara,” harapnya .

BACA JUGA WAK:  Gubernur Ansar Ajak Jaga Harmonisasi Karena Pemulihan Kekacauan Butuh Waktu yang Lama dan Biaya Besar

Adapun yang tergabung dalan kafilah Kepri sendiri terdiri dari  para peserta, pelatih, dan pendamping yang akan berkompetisi dalam ajang STQH-N XXVI di Ternate. Pelatih dan pendamping mencakup para ahli, pengurus dan ASN bidang teknis terkait dari Pemerintah Provini Kepulauan Riau dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

Pada pelaksanaan STQH sebelumnya, Kepri berhasil memperoleh juara IV secara nasional pada beberapa cabang perlombaan seperti tilawah dan musabaqah.

STQH dan MTQ dilaksanakan secara bergantian dalam setiap tahun. Tahun sebelumnya, walaupun masih dalam suasana pandemi, MTQN di laksanakan di Padang, Sumatera Barat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(*/arl)