Pelaku Pembakar Rumah di Tanjungunggat Dibekuk

petugas saat memadamkan api di kebakaran di gang Kenanga 5, Tanjung Unggat beberapa waktu lalu.

TANJUNGPINANG – Kebakaran yang menghanguskan rumah di Jalan Brigjen Katamso Gg. Kenanga 5 Kelurahan Tanjung Unggat beberapa waktu lalu ternyata ada unsur kesengajaan. Hal itu diketahui dari penyidikan polisi. Pelakunyapun kini sudah meringkuk di sel tahanan polisi.

Peristiwa kebakaran yang sengaja dibakar orang itu terjadi pada Kamis 12 Agustus 2021 lalu sekira pukul 11.00 WIB.

Akibat kebakaran itu korban diperkirakan mengalami kergian sekitar tiga ratus juta rupiah.

Denny Erfanosa, selaku pemilik rumah awalnya mengira kebakaran tersebut merupakan suatu musibah seperti korsleting listrik. Namun pihak kepolisian yakni Polsek Bukit Bestari tidak meyakini sepenuhnya kemudian melakukan penyelidikan setelah korban membuat Laporan Polisi. Di lokasi kebakaran polisi menemukan barang bukti berupa bensin 1 botol plastik ukuran 1,5 liter dan sepeda motor Suzuki dengan nopol BP 4920 DM.

Jajaran Unit Reskrim Polsek Bukit Bestari kemudian menggali informasi dari korban yang mana diketahui bahwa rumah tersebut berstatus sedang dikontrakkan kepada pasangan suami istri bernama “R” (istri) dan suami “H” yang pada saat terjadinya kebakaran suami istri tersebut tidak dijumpai di lokasi. Selanjutnya jajaran Unit Reskrim bersama Bhabinkamtibmas melakukan penggalian informasi sehingga akhirnya menemukan titik terang keberadaan pasangan suami istri tersebut.

Setelah melakukan penggalangan baik dari pihak keluarga suami istri tersebut, pada Rabu 15 September 2021 sekira pukul 12.00 wib jajaran Reskrim menerima panggilan telepon dari pihak keluarga “H” bahwa akhirnya “H” menyesal dan mengakui perbuatannya sehingga berniat menyerahkan diri ke pihak Kepolisian. Tanpa menunggu lama jajaran Reskrim langsung meluncur ke alamat pelaku yaitu di Km. 15 arah tanjung Uban, Air Raja, Tanjungpinang Timur.

Pelaku pun berhasil diamankan dan dibawa ke kantor Kepolisian untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, SIK melalui Kapolsek Bukit Bestari AKP Adi Sumardi, S. Kom menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan terhadap pelaku yang mana pelaku melakukan pembakaran rumah tersebut awalnya hanya ingin membuat istri pelaku jera dan tidak melakukan kebohongan lagi serta menganggap pelaku sebagai suami yang menafkahi istri yang mana selama ini istri pelaku tidak mengakui dan selalu mengatakan bahwa pelaku tidak pernah memberi nafkah.

AKP Adi Sumardi, menyampaikan bahwa atas perbuatannya, pelaku dapat dijerat Pasal 187 KUHP.

“Pengungkapan ini tak lepas dari kerja keras Personil jajaran Polsek Bukit Bestari khususnya Unit Reskrim dan Bhabinkamtibmas,” kata AKP Adi Sumardi.(*/arl)