261 Orang TKI Positif Covid-19, Jalur Masuk dari Malaysia dan Singapura Diperketat

Para TKI yang positif covid-19 saat dibawa ke RSKI Pulau Galang.

Para TKI yang positif covid-19 saat dibawa ke RSKI Pulau Galang.

BATAM – Saat ini masih 261 orang TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dirawat di rumah sakit khusus Infeksi (RSKI) Pulau galang Kota Batam, Kepulauan Riau. Mereka terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Satgassus (Satuan Tugas Khusus) penanganan Pemulangan PMI/WNI dan WNA terus lakukan tugasnya dengan pengawasan Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S.Hub.,Int untuk mencegah tersebarnya virus covid-19 lebih luas.

Dalam Penanganan Pekerja Migra Indonesia, Warga Negara Indonesia (WNI), dan Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Indonesia dengan pentahapan dimulai dari Pelabuhan Internasional Batam Center dan Pelabuhan Harbour Bay Batam. Mereka yang datang ke Indonesia akan melaksanakan Swab Antigen terlebih dahulu kemudian melakukan test PCR pertama dan dilanjutkan dengan melaksanakan Isolasi Mandiri selama 8 hari. Setelah Hari Ke-7 Mereka melaksanakan tes PCR yang Ke-dua.

BACA JUGA WAK:  Dewan Pers Minta MK Tolak Judicial Review UU Pers

“Apabila PCR Pertama dan Kedua di nyatakan negatif, mereka boleh Kembali ke Kampung halamannya. Namun, apabila di awal kedatangan dengan test swab antigen dan dinyatakan positif mereka akan langsung dibawa ke RSKI Pulau Galang. Ini demi menekan tersebarnya virus Covid-19,” terang Pjs Kapenrem 033 Mayor Inf Reza Fahlevi.

Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu

Metode penanganan PMI yang diterapkan oleh Komandan Korem 033 Wira Pratama beserta jajarannya ini mendapat apresiasi oleh Menteri perhubungan saat berkunjung ke Wilayah Kepri beberapa waktu lalu. Bahkan, Menhub menginstruksikan sistem/metode kerja ini dapat dijadikan sebagai Role Model bagi daerah lain yang memilki wilayah sebagai pintu masuk PMI.

BACA JUGA WAK:  Motivasi Para Qari dan Qari'ah, Gubernur Optimis Kepri Raih Juara Hadir di STQH Malut

Danrem 033 Wira Pratama juga meminta kepada seluruh Tim yang tergabung dalam Satuan Tugas melakukan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, Selalu Pantau perkembangan (Check & Recheck) setiap kejadian di lapangan, laporkan setiap perkembangan sekecil apapun.

“Hindari kelalaian yang tidak berarti, ini demi masa depan kita jangan sepelehkan virus covid 19 ini, supaya kedepan kita dapat bebas dari virus yang sudah melanda dunia tegasnya,” kata Danrem.

BACA JUGA WAK:  Pulang Membawa 11 Medali, Kontingen Kepri Disabut Wakil Gubernur

Upaya lain adalah melaksanakan Vaksinasi bagi PMI dengan jumlah tervaksin 36 orang, dari total terdaftar 65 Orang, 19 Orang sudah melaksanakan vaksin di luar negri, dan 10 Orang di tunda dikarrnakan terdapat 3 memilik sakit jantung, 1 tidak memiliki NIK, 2 Hipotensi, 2 Asma, 1 hamil 8 Bulan, dan 1 Hipertensi.

Kegiatan Vaksinasi di lakukan oleh Tim Vaksinasi Mobil Gurindam 12 di Rusun BP Batam dan dibantu dengan Babinsa dan petugas Rusun.

Vaksinasi bagi PMI telah di lakukan dari sabtu, 18 Sept 2021 dengan Jumlah tervaksin 149 Orang, hingga total dengan hari ini sudah 185 Orang PMI yang sudah divaksin.

Kegiatan Vaksinasi di berikan setelah para PMI melaksanakan PCR I dan II dan dinyatakan Negatif.(*/arl)