Jelang Belajar Tatap Muka, Pelajar SMP, SMA dan SMK Ramai-ramai Ikut Vaksin

Pelajar mengikuti vaksinasi masaldi Maha Vihara Duta Maitreya Monastery Sei Panas, Batam.

BATAM – Belajar secara tatap muka disekolah direncanakan akan digelar mulai Oktober 2021 mendatang. Salah satu syarat siswa untuk ikut belajar tatap muka yakni, mesti sudah mengikuti vaksinasi pencegahan Covid-19. Untuk tingkat pelajar di kepri dari 12-17 tahun jumlah yang sudah mengikuti vaksinasi sudah mencapai 161.745 orang atau 77,89 persen dari total jumlah pelajar yang mesti mengikuti vaksin.

Seperti yang terlihat di Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, Sei Panas, Batam, Sabtu (18/9).
Ada ribuan pelajar SMP, SMA, dan SMK mengikuti vaksinasi masal.

Wakil Gubernur Marlin Agustina mengapresiasi kuatnya animo masyarakat khususnya pelajar untuk mengikuti vaksinasi dalam pencegahan penularan covid-19.

Menurut Marlin Agustina, sukses vaksinasi di Kepri karena dukungan kebersamaan semua komponen masyarakat. Hal ini menunjukkan tekad masyarakat Kepri untuk bersama-sama menang melawan pandemi covid19. Saat ini, kondisi semakin membaik dan diharapkan terus membaik.

BACA JUGA WAK:  Dewan Pers Minta MK Tolak Judicial Review UU Pers

“Terima kasih atas dukungan semua masyarakat. Dengan dukungan dan tekad bersama menang melawan pandemi, semua berjalan dengan cepat dan baik,” kata Wagub Marlin di Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, Sei Panas, Batam, Sabtu (18/9).

Ada target sebanyak 5.100 pelajar yang vaksinasinya diselenggarakan oleh BIN Daerah Kepri. Vaksinasi ini merupakan vaksinasi lanjutan dari agenda sebelumnya.

Sampai Jumat (17/9), total capaian vaksinasi covid 19 untuk usia 12-17 tahun untuk dosis sudah mencapai 77,89 persen. Sudah sebanyak 161.745 orang. Sementara untuk dosis kedua sudah mencapai 31,31 persen atau sebanyak 65.016 orang.

BACA JUGA WAK:  Yuk Melancong ke Pulau Nikoi Bintan

Sementara secara keseluruhan total capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 1.243.763 orang atau 78,67 persen sedangkan dosis kedua sudah disuntikkan kepada 701.856 orang atau 51,10 persen.

Wagub Marlin memang terus mendorong anak-anak usia 12-17 tahun untuk mengikuti vaksinasi. Ini adalah ikhtiar bersama dari upaya membentuk herd immunity atau kekebalan komunal.

“Ini upaya kita dalam penanganan pandemi dan mengendali laju covid19. Juga persiapan untuk pembelajaran tatap muka yang sebentar lagi dimulai,” kata Wagub Marlin.

Pada kesemapatan itu Wagub Marlin berpesan ketika sekolah tatap muka dimulai, semua diminta tetap patuh dengan protokol kesehatan. Disiplin dengan protokol kesehatan menjadi sangat penting agar sekolah-sekolah tak menjadi cluster sebaran virus ini.

BACA JUGA WAK:  Proyek Pembangunan Jalan dan Gorong-gorong TMMD Setokok Selesai

“Semua harus saling peduli dan saling mengingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan di sekolah,” kata Wagub Marlin.

Wagub Marlin mengingatkan bahwa wabah ini belum berakhir dan belum tahun kapan berakhir. Tapi, kegiatan bersekolah harus dijalankan. Agar proses belajar tatap muka terus berlangsung, semua harus saling menjaga dan taat protokol kesehatan.

Wagub Marlin memerintahkan agar vaksinasi ini disegerakan. Jangan sampai lama di penyimpanan. Dengan divaksin dan taat protokol kesehatan, ini upaya meminimalkan potensi penularan di sekolah.

“Kita berharap dengan vaksinasi ini kesehatan masyarakat bisa dipulihkan kembali dan ekonomi bangkit seperti semula kita berdoa bersama-sama agar wabah ini cepat-cepat berakhir dan kita bisa hidup normal kembali,” harap Ketua PKK Kota Batam ini.(*/arl)