6.088 Rumah Warga Miskin di Tanjungpinang Dipasang Saluran TV Digital Gratis

Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang Ruli Friady. Foto: Dokumen Dinas Kominfo Tanjungpinang

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Sebanyak 6.088 rumah tangga yang masuk katagori miskin di Kota Tanjungpinang akan mendapatkan bantuan ASO (Analog Switch Off) atau saluran televisi digital tahap 1. Ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pemberian bantuan ke setiap rumah warga miskin berupa alat set top box (STB) untuk program siaran TV digital yang diberikan bagi rumah tangga miskin ini sejalan dengan Undang-Undang Cipta Kerja sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, serta Perturan Pemerintah nomor 46 tahun 2021.

“Bantuan ini guna memastikan seluruh masyarakat, khususnya rumah rangga miskin dapat menikmati siaran TV digital,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Ruli Friady, usai rapat bersama Kementerian Kominfo secara virtual, di ruang rapat dinas Kominfo, Kamis (22/7/2021).

Untuk penerima bantuan ASO tahap 1 ini, lanjut Ruli, diberikan kepada 15 kabupaten kota di Indonesia, salah satunya kota Tanjungpinang.

Di Tanjungpinang, calon peneriman bantuan STB sebanyak 6.088 rumah tangga miskin. Calon penerima ini sebelumnya sudah diusulkan oleh dinas sosial sesuai data DTKS dengan kriteria desil 1, 2, dan 3.

“Bantuan alat STB ASO tahap 1 ini, harus sudah tersalurkan sebelum 17 Agustus 2021,” ucapnya.

Sedangkan untuk teknis pendistribusian nanti, Ruli mengatakan secepatnya akan dirapatkan kembali dengan dinas dan instansi terkait, apakah sesuai mekanisme penyerahan bansos seperti melalui kantor pos atau ke kelurahan-kelurahan.

“Hasil rapat ini akan segera kita sampaikan ke wali kita. Setelah ada petunjuk teknis lebih lanjut dan bantuan sampai, akan segera kita distribusikan kepada penerima sebelum 17 Agustus ini,” ucapnya

Selain kota Tanjungpinang, di Kepri bantuan ASO tahap pertama juga diberikan untuk rumah tangga miskin di kabupaten Bintan, Karimun, dan Batam. (*/arl)