Berikan Edukasi Pelaku UMKM, Bupati Asahan Apresiasi Sosialisasi Gratieks

Sekda Asahan John Hardi Nasution mewakili Bupati Asahan dalam acara Sosialisasi Gratieks 2024 Komoditas Pertanian di Horel Maryna, Kisaran, Sumatera Utara.

KEPRINEWS.CO.ID, ASAHAN – Bupati Asahan, Surya mengapresiasi pelaksanaan Sosialisasi Program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) 2024 Komoditas Pertanian yang digelar Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan di Hotel Maryna, Kisaran, Sumatera Utara.

Menurutnya kegiatan tersebut memberikan edukasi kepada masyarakat pelaku usaha dan UMKM tentang gerakan tiga kali lipat ekspor dan hal tersebut sangat bersinergi dengan visi-misi dan program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Baca Juga Wak John Hardi Nasution Resmi Jabat Sekda Asahan

“Kegiatan ini sangat bersinergi dengan program kerja Pemkab Asahan yakni meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi serta menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, John Hardi Nasution  menyampaikan sambutan Bupati Asahan,  Selasa (8/6/2021).

BACA JUGA WAK:  Turut Resmikan Gedung Sie Propam Polres Asahan, Ini Pesan Bupati Surya

John Hardi yang hadir mewakili Bupati Asahan juga menyebutkan, Pemerintah dan lembaga terkait harus mengedukasi pelaku usaha dan UMKM agar dapat bersaing dan memasuki pasar ekspor atau pasar global.

Baca Juga Wak Sukseskan Gratieks, Karantina Pertanian Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Asahan

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lanjutnya, masih kesulitan untuk menembus pasar global yang disebabkan  rumitnya perizinan hingga kualitas produk yang belum berdaya saing.

BACA JUGA WAK:  Ketua TP PKK Asahan Ikuti Pelantikan TP PKK Pusat Secara Virtual

“Para Pemangku Kepentingan harus duduk bersama memecahkan permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha dan UMKM agar bisa menembus pasar global”, tegasnya.

Baca Juga Wak Perkaya Pengetahuan, Bupati Asahan Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Kemendagri

Dengan edukasi yang diberikan melalui kegiatan tersebut, Bupati Asahan berharap dapat mendorong para pelaku usaha dalam memasuki pasar ekspor/global dan menambah devisa negara dan pendapatan Kabupaten Asahan terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

BACA JUGA WAK:  Ketua TP PKK Asahan Ikuti Pelantikan TP PKK Pusat Secara Virtual

Pada acara tersebut, Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan saling memberikan plakat yang disaksikan KPPBC Kuala Tanjung, KSOP Tanjung Balai Asahan, Kepala BPS Kabupaten Asahan, Pelindo Tanjung Balai, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, pelaku usaha dan undangan lainnya.(zul)