Besok, Ade Angga dan Endang Ditetapkan jadi Cawawako Tanjungpinang

panlih anggota DPRD usai rapat di gedung Dewan Senggarang,

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Panitia pemilihan (Panlih) calon wakil walikota (Cawawako) Tanjungpinang kini sedang menjalani tahapan pemilihan. Tahapan pemilihannya sudah sampai pada verifikasi berkas. Verifikasi berkas ini berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang di Senggarang, Selasa (4/5/2021).

Tampak hadir calon wawako Ade Angga dan Endang Abdullah serta pimpinan partai pengusung di rapat tahapan pemilihan yang digelar Panlih anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Selasa (4/5/2021).

Rapat Panlih verifikasi berkas ini dibuka oleh Ketua DPRD Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni. Lalu rapat dipimpin oleh ketua Panlih DPRD Hendi Amerta.

Proses verifikasi kelengkapan berkas calon wawako Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang di Senggarang ini hanya berlangsung sekitar 1 jam. Alasannya karena protokol kesehatan hingga tidak bisa berlama-lama di dalam ruangan.

BACA JUGA WAK:  Delapan Aset yang Masih Dikuasai Pemkab Bintan Diverifikasi

Dalam tahapan verifikasi kemarin, masing-masng calon memeriksa berkas secara acak dan akan diperiksa oleh anggota DPRD lagi serta masih bisa melakukan perbaikan hingga pukul 23.59 Selasa (4/5/2021).

“Setelah berkas kami periksa oleh panlih, hasilnya akan kami laporkan ke pimpinan untuk ditetapkan Rabu (5/5/2021),” kata Hendi Amerta politisi PKS ini usai rapat panlih.

Hendi Amerta dalam jumpa pers kemarin menapik tudingan bahwa kerja Panlih molor sampai tiga kali.

“Kami di DPRD ini melakukan kegiatan terjadwal. Perencanaannya dibuat dulu berupa draf dan dirapatkan di Banmus. Banmus ini yang mengoreksi kegiatan-kegiatan akan dilakukan selama sebulan kedepan. Jadwal ini sudah dibuat jauh-jauh hari dan tidak ada perubahan. Jadi tidak ada yang molor,” sebutnya.

Kata Hendi Amerta, untuk pemilihan atau pemungutan suara calon Cawawako Tanjungpinang akan dilakukan 10 Mei 2021.

BACA JUGA WAK:  BPN Batalkan Permohonan Legalitas 13 Aset dari Pemkab Bintan

Diterangkan Hendi Amerta lebih jauh, untuk tahapan proses pemilihan Wakil walikota Tanjungpinang sisa periode 2018-2023 ini, DPRD Tanjungpinang sudah menyepakati menggunakan pola pemilihan seperti yang diamanatkan tatib selama 10 hari.

Jadi, kata Hendi Amerta setelah hari ini agendanya verifikasi berkas, maka besok akan dilanjutkan penetapan calon.

“Jadwalnya tanggal 6 Mei akan dilakukan pencabutan nomor urut, lalu pada 7 Mei akan ada penyampaian visi dan misi kedua calon serta untuk pemilihan dan penetapan perolehan suara pada 10 Mei mendatang,” jelasnya.

Jika salah satu calon ada yang merasa keberatan dengan hasil pemilihan, sambung Hendi Amerta, maka masa sanggahnya diberikan pada 11 Mei.

“Setelah massa sanggahnya lewat maka berkasnya akan kita serahkan ke gubernur Kepri,” ucapnya.

BACA JUGA WAK:  BPN Batalkan Permohonan Legalitas 13 Aset dari Pemkab Bintan

Ketika disinggung tentang jumlah suara yang akan memilih pada 10 Mei mendatang, kata Hendi Amerta hanya 29 suara yang memiliki hak pilih, karena Ade Angga tidak bisa memilih lagi lantaran harus mengundurkan diri dulu sebagai anggota Dewan sebelum penetapan calon.

Kata Hendi Amerta, Awalnya sudah menandatangani berkas bersedia mundur saat ingin maju. Lalu beliau juga sudah menyerahkan surat pengunduran diri pada (4/5/2021).

Hanya saja, sambungnya, tidak semua undangan bisa meyaksikan pemilihan karena pertimbangan protokol kesehatan.
“Undangan sangat terbatas, dan setiap undangan mesti menunjukan hasil pemeriksaan PCR Covid -19.

“Untuk para tamu yang tidak bisa menyaksikan dari dalam ruangan, kami sediakan monitor di luar gedung hingga tetap bisa memantau jalanya proses pemilihan wawako,”kata Hendi Amerta.(*/arl)