Bertemu Bupati Surya, Bapemperda DPRD Sumut Bahas Manajemen Pegelolaan Sampah di Asahan

Foto bersama

KEPRINEWS.CO.ID, ASAHAN – Bupati Asahan, Surya menerima kunjungan kerja Tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Thomas Dachi selaku Ketua Bapemperda.

Dalam pertemuan tersebut, Thomas Dachi menjelaskan kedatangan dia bersama Timnya guna untuk membahas tentang kebijakan dan manajemen pengelolaan sampah dalam rangka identifikasi konsep dan sistem pengelolaan untuk penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Menurutnya, pengelolaan sampah menjadi permasalahan yang sangat serius terutama pada daerah padat penduduk, permasalahan tersebut terjadi dikarena efek dari perilaku dan pola hidup masyarakat yang masih cenderung mengarah kepada ketidakpedulian dan kurangnya kesadaran dalam pengurusan sampah.

BACA JUGA WAK:  Pimpin Apel Sambut Idul Fitri, Begini Kata Kapolres Asahan

“Peran dari masyarakat akan kesadarannya dan Pemerintah Daerah tentang perlunya mengeluarkan regulasi terkait pengelolaan sampah sangat dibututhkan sehingga kendala-kendala dan keterbatasan dapat diakomodasi dalam regulasi,” ujar Thomas, Selasa (27/4/2021).

Dan hal itu pula lanjut Thomas, menjadi pedoman dan acuan untuk penyelenggaraan pengolahan sampah ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota sehingga Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat berkolaborasi mengatasi permasalahan sampah di daerah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang ada.

BACA JUGA WAK:  Bupati Asahan Kunjungi Pos Penyekatan Larangan Mudik

“Kabupaten Asahan telah memiliki Perda tentang pengelolaan sampah yakni Perda nomor 06 Tahun 2020, untuk itu Bapemperda DPRD Sumut dalam kunjungan ini ingin menjaring masukan dan menggali proses-proses yang menjadi substansi penyusunan Perda tersebut sekaligus melihat implementasi konsep sistem dan manajemen pengelolaan persampahan di Kabupaten Asahan,” ucap Thomas.

Sementara itu, Bupati Surya dalam pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan Bapemperda DPRD Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Asahan dan berharap pihaaknya mendapat masukan tentang pengelolaan sampah yang lebih baik.

BACA JUGA WAK:  Pimpin Apel Sambut Idul Fitri, Begini Kata Kapolres Asahan

“Semoga dengan kunjungan ini Pemkab Asahan mendapatkan masukan untuk pengelolaan sampah yang lebih baik kedepan,” sebut Surya.

Turut hadir mendampingi Surya dalam pertemuan tersebut, Asisten Ekonomi Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas PUPR, Kadis Kominfo, serta Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Asahan.

Sedangkan dari Tim Bapemperda DPRD Sumut, terlihat Timbul Sinaga (Wakil Ketua) dan para anggota, Tim Ahli, serta pejabat struktural yang memfasilitasi atau mendampingi diantaranya Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis, Kabag Persidangan dan per-UU, dan Kasubbag Kajian perundang-undangan. (Zul)