Majukan Pariwisata Sumbar, Menparekraf Dukung Pengembangan KEK Mandeh

Masjid Apung Samudra Ilahi di Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan

KEPRINEWS.CO.ID, PESISIR SELATAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesisir Selatan. Diantaranya dukungan dilakukan melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh.

Menparekraf Sandiaga Uno menyempatkan mengunjungi kawasan pariwisata di Pesisir Selatan, tepatnya Masjid Apung Samudra Ilahi di Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan. Di hari ketiga dalam kunjungan kerjanya ke Sumatra Barat itu, Menparekraf bertemu dengan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar.

BACA JUGA WAK:  Lapas Umum Tanjungpinang Usulkan 265 Napi Dapat Remisi Lebaran

Salah satu program yang dibahas dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut diantaranya melalui KEK Mandeh yang telah diusulkan pemerintah daerah setempat sejak tahun 2017. Saat ini KEK seluas 420 hektare itu masih menunggu calon pengusul dari pihak swasta yang ingin berinvestasi.

“Ada dua topik utama yang kita bahas, pertama adalah untuk menuntaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang sedang dirancang untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata. Kita akan sukseskan program KEK Mandeh yang tidak hanya untuk menghadirkan pariwisata berbasis alam, bahari, tapi juga budaya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Jumat (23/4/2021) siang.

BACA JUGA WAK:  Viral, KK Nama Anak Ditulis Pembantu, Begini Kata Penjelasan Dirjen Dukcapil

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy, serta Anggota DPR RI Andre Rosiade.
Menparekraf Sandiaga menjelaskan, dalam menyukseskan program tersebut tentu butuh dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk dalam melanjutkan program-program pengembangan yang tertunda seperti tourist information centre, homestay, juga desa wisata.

“Salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha. Jadi fokusnya tidak semua membebani anggaran pemerintah,” kata Sandiaga.

BACA JUGA WAK:  Mau Berangkat Haji saat Covid-19 Reda, Begini Alur Pergerakan Jemaah Sesuai Aturan Kemenag

Sementara Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan guna mendukung kesuksesan KEK Mandeh. Seperti masterplan yang telah selesai dibuat.

“Karenanya kami berharap dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dapat memfasilitasi pembangunan KEK serta memfasilitasinya ke investor sehingga perkembangan di Pesisir Selatan, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Bupati Rusma.(*/arl)