Lima Penambang Tertimbun, Tiga Orang Meninggal Dunia

Evakuasi korban material longsor tebing merapi di di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada hari Sabtu (17/4). (foto: BPBD Kabupaten Magelang)

MAGELANG – Kecelakaan kerja tambang material merapi terjadi di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah Sabtu (17/4). Akibatnya Tiga orang meninggal dunia tertimpa bebatuan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melaporkan ada 5 orang yang tertimbun material. Tiga orang meninggal dunia dan 2 orang luka berat sehingga harus dilarikan ke RSUD Muntilan Kabupaten Magelang.

Peristiwa terjadi saat para pekerja yang sedang melakukan aktivitas tambang di material merapi pada galian C (pasir), kemudian pada pukul 10.00 WIB tebing tumpukan material setinggi 75 meter mengalami longsor yang diawali suara gemuruh. Akibatnya material galian menimpa para pekerja tanpa sempat menyelamatkan diri.

Setelah menerima laporan dari warga akan adanya kejadian tersebut, personel BPBD Kabupaten Magelang bersama Polsek dan Koramil menuju lokasi untuk melakukan evakuasi korban. Seluruh korban meninggal yang telah berhasil dievakuasi dibawa ke RSUD Muntilan untuk kemudian diserahkan kepada pihak keluarga. Proses evakuasi menggunakan backhoe (alat berat) dan selesai sekitar pukul 16.30 WIB.

BPBD Kabupaten Magelang mengimbau untuk seluruh masyarakat terutama pekerja tambang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan selalu memakai alat pelindung diri Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk antisipasi adanya runtuhan galian tambang yang kapan saja bisa terjadi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jatuhnya korban jiwa dan kerugian materil yang terjadi. (*/tnt)