Festival Layang-Layang Digelar di Lapangan Dompak

Rahma saat menyampaikan sambutan di penutupan festival layang-layang di lapangan dompak.

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Persatuan keluarga Minangkabau menggelar Festival Layang-Layang Budaya Minangkabau Kepri 2021, di Lapangan Dompak, Minggu sore (11/4). Walikota Tanjungpinang Hj.Rahma, S.IP tampak hadir menyaksikan penutupan kegiatan tersebut.

Acara Festival layang-layang ini berlangsung sejak 7 April lalu. Peserta yang mengikuti lomba berjumlah 100 orang, hingga dalam proses seleksi tersisa 16 orang peserta untuk kemudian ditetapkan 6 peserta sebagai pemenang oleh juri.

Tujuan acara ini Untuk melestarikan permainan layang-layang agar tidak hilang oleh zaman.

BACA JUGA WAK:  BPN Batalkan Permohonan Legalitas 13 Aset dari Pemkab Bintan

Rahma dalam sambutannya mengatakan, hampir seluruh kegiatan masyarakat sempat terhenti karena kondisi pandemi covid-19. “sekarang dengan kondisi kebiasaan baru (new normal) melalui Festival Layang-Layang Budaya Minangkabau Kepri 2021, seluruh keluarga besar Minangkabau khususnya, serta masyarakat Tanjungpinang dapat kembali berkumpul sekaligus bersilaturahmi tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat”, ucapnya.

Rahma mengapresiasi kepada pihak panitia penyelenggara karena melaksanakan kegiatan ini yang salah satu tujuan dari Festival Layang-Layang ini adalah untuk mengembalikan tradisi permainan layang-layang yang semakin ditinggalkan oleh masyarakat. “Dengan festival ini diharapkan masyarakat dan generasi penerus dapat terus melestarikan tradisi bermain layang-layang dan tidak meninggalkan salah satu permainan rakyat ini. Juga festival ini menjadi wahana hiburan bagi masyarakat”, ujar Rahma.

BACA JUGA WAK:  Delapan Aset yang Masih Dikuasai Pemkab Bintan Diverifikasi

Terakhir kepada pemenang pertandingan layang-layang, Rahma mengucapkan selamat atas kemenangan yang diperoleh, dan berpesan kepada peserta lomba yang belum beruntung untuk tidak berkecil hati. “Dalam sebuah pertandingan, menang dan kalah merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak menjadi persoalan, Untuk itu tetaplah semangat. Juga terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah meramaikan dan memeriahkan festival ini,” tutupnya.

BACA JUGA WAK:  BPN Batalkan Permohonan Legalitas 13 Aset dari Pemkab Bintan

Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada 6 pemenang lomba Festival Layang-Layang Budaya Minangkabau Kepri 2021.(*/tnt)