Begini Alasan Dua Kabupaten Muda di Kepri Ingin Bentuk Provinsi Baru

Ilyas Sabli

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Dua Kabupaten termuda di Provinsi Kepri yaitu Natuna-Anambas bertekat membentuk satuan provinsi dengan nama Provinsi khusus Natuna-Anambas. Terungkap asal muasal masyarakat kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas ingin memisahkan diri dari provinsi induk yaitu provinsi Kepri.

Semua itu dari keinginan masyarakat Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk membentuk Provinsi khusus Natuna-Anambas dikarenakan sempitnya dan diperkecil kewewenanganya dalam mengelola sektor-sektor yang ada dan untuk mempercepat Pembangunan daerah.

BACA JUGA WAK:  Jaga Kedaulatan NKRI, Pemerintah Perkuat Signal Seluler di Natuna

Karena luapan itulah keinginan masyarakat Kabupaten Natuna dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas untuk menjadi Provinsi khusus Natuna-Anambas. Hal itu diungkapkan wakil ketua komisi II DPRD Provinsi Kepri H Ilyas Sably M.Si, saat di hubungi langsung oleh media ini, jumat (2/4/21).

“Contohnya saja kelautan O mil dari pantai sudah kewewenangan provinsi. Jadi dari bibir pantai sudah tidak kewewenangan Kabupaten lagi. Jadi pada sektor-sektor yang menjadi kewewenangan Kabupaten sudah tidak lagi diurus Kabupaten lagi. Jadi karena itu keinginan masyarakat semakin kuat untuk jadi provinsi,” jelasnya.

BACA JUGA WAK:  Menkominfo Minta Wujudkan Lingkungan Digital yang Mendidik

Sementara Minyak dan Gas (Migas) yang ada di daerah itu lebih dari 10 mil, bukan wewenang kabupaten dan provinsi melainkan wewenang pusat. Dengan sektor-sektor yang ada di Kabupaten Natuna-Anambar harapan masyarakat dapat dikelola sendiri.

Natuna dan Anambas adalah daerah maritim dan sektornya adalah kelautan menjadi sektor andalan. Dengan terbentuknya pemekaran Provinsi Natuna-Anambas maka semakin dekat lah pelayanan pemerintah kepada masyarakat disamping itu juga untuk mempercepat pembangunan.

BACA JUGA WAK:  Sekdaprov Yakin Sektor Perikanan Makin Kuat

“Intinya saya sangat mendukung terbentuknya provinsi Natuna -Anambas karena untuk mempermudah pelayanan masyarakat serta semakin dekat pelayanan dari pemerintah terhadap masyarakat yang jauh dengan adanya provinsi Natuna-Anambas akan semakin mudah,”tambahnya. (cr11)