Ditargetkan Mega Proyek BP Batam Rampung di Tahun 2024

KEPRINEWS.CO.ID, BATAM – Tiga proyek besar BP Batam di kawasan Kecamatan Sekupang, segera dimulai. Yakni penataan Taman Kolam Sekupang Tahap 2, pembangunan Taman Rusa Tahap 3,
dan pembangunan Jalur Sepeda RE Martadinata. Peletakan batu pertama ketiga proyek tersebut akan dilakukan Kepala BP Batam, HM Rudi, Jumat (2/4/2021) pagi.

Kamis (1/4/2021) sore, sebelum peletakan batu pertama tersebut dilakukan, HM Rudi menggelar konferensi pers bersama sejumlah wartawan di Bida Marketing BP Batam, Batam Center. Rudi didampingi Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar.

BACA JUGA WAK:  261 Orang TKI Positif Covid-19, Jalur Masuk dari Malaysia dan Singapura Diperketat

Rudi memaparkan sejumlah proyek yang akan dilakukan BP Batam. Targetnya 2024 mendatang, proyek-proyek tersebut sudah rampung. “Kalau tak selesai bisa jadi masalah. Kalau dilanjutkan pejabat selanjutnya, kalau tidak kan jadi masalah,” kata Rudi, merujuk masa jabatannya sebagai Wali Kota Batam, sekaligus Kepala BP Batam, yang berakhir tahun 2024 mendatang.

Pertama Rudi memaparkan pembangunan Pelabuhan Batuampar, yang menurut Rudi akan jadi pelabuhan modern. Selain memperluas area pelabuhan alat-alat yang ada di dalam juga akan diganti dengan teknologi yang lebih modern.

BACA JUGA WAK:  261 Orang TKI Positif Covid-19, Jalur Masuk dari Malaysia dan Singapura Diperketat

“Crane akan kita ganti, yang otomatis, tak kayak sekarang itu. Nanti ada relnya, bisa pindah-pindah. Gerbang pun nanti otomatis. Semua nanti terintegrasi,” ungkap Rudi.

Selanjutnya Rudi, memaparkan pembangunan yang akan segera dimulai di Bandara Hang Nadim. Di mana akan mulai dibangun terminal dua oleh konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Incheon International Airport Corporation (IIAC) asal Korea Selatan.
“Setelah terminal dua selesai, terminal satu juga akan dirombak,” ungkapnya.

BACA JUGA WAK:  261 Orang TKI Positif Covid-19, Jalur Masuk dari Malaysia dan Singapura Diperketat

Rudi juga memperlihatkan kemegahan rancangan Bandara Hang Nadim dan juga Masjid Tanjak yang saat ini sudah mulai dibangun.

Selanjutnya Rudi juga menjelaskan pembangunan kawasan wisata di Sekupang, berikut disainnya. Yakni, penataan Taman Kolam Sekupang, pembangunan Taman Rusa,
dan pembangunan Jalur Sepeda RE Martadinata. “Kawasan ini nantinya akan sangat indah sekali,” ujar Rudi.

Di Taman Kolam akan dibangun berbagai fasilitas, seperti Lotus Park, Party Garden, Iconic Bridge, BRT Shelter, dan Healing Garden.(Kepri News / emer)