Gubernur dan Walikota Buka MTQ Tingkat Kota Tanjungpinang

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke XV  tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021  digelar di Pelantaran Zona 1A Tugu Sirih Emas Pantai Gurindam XII tepi laut Tanjungpinang, Minggu (28/3/2021).

Pelaksanaan MTQ ini berlangsung  mulai  28 Maret – 1 April 2021 di awali dengan penampilan defile kafilah empat kecamatan didampingi oleh official serta diiringi dengan pembacaan sinopsis.

Adapun cabang yang diperlombakan pada Musabaqah tersebut yakni cabang Tilawatil Qur’an anak – anak putra- putri, cabang Tilawatil dewasa putra dan putri, cabang Hifzhil  Quran terdiri dari golongan 1 juz, golongan 5 juz, golongan 10 juz, golongan 20 juz, golongan 30 juz.

Cabang Musabaqah hadist nabi terdiri golongan hafalan 100 hadist nabi beserta sanad, golongan hafalan 500 hadist beserta sanad, lomba seni qasidah dewasa, lomba marawis remaja dan lomba Bazaar. Sedangkan untuk sistem penilaian menggunakan aplikasi SIP MTQ baik laporan maupun penilaian secara elektronik  hibah dari Pemprov Kepri.

Walikota Tanjungpinang sekaligus Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang Hj Rahma S,IP mengatakan, atas nama pemerintah kota Tanjungpinang dan selaku ketua LPTQ saya memberikan apresiasi serta kepada seluruh stakeholder yang ada di kota Tanjungpinang atas terlaksana MTQ ke XV.

BACA JUGA WAK:  Gedung Baru Puskesmas Seijang Mulai Beroperasi

“Kepada semua pihak yang terkait agar memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan Covid 19 dalam pelaksanaan MTQ XV tahun 2021, kita semua berharap semoga dalam pelaksanaan MTQ ini dapat berlangsung dengan tertib, lancar serta memberikan kesan yang positif bagi masyarakat kota Tanjungpinang, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan meridhoi segala usaha kita bersama,” ungkap Rahma.

Rahma juga menambahkan, MTQ merupakan agenda rutin Pemko Tanjungpinang setiap tahun dalam menyiarkan ilmu Al Qur’an, dalam menjalankan ilmu Al Qur’an kita patut mengikuti akhlaq nabi Muhammad SAW.

“Di sisi lain Al Qur’an mengajarkan kita untuk kebersamaan bukan untuk perpecahan, kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW, yang mempunyai kepribadian dengan kemulian akhlaq, menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perbuatan menyakiti sesama. Oleh karena itu walaupun kita berkumpul bersama di sini kita semua bisa bersilaturahmi antar sesama,” jelas Rahma.

Rahma juga menyampaikan jika generasi muda yang menjadi peserta MTQ ini adalah generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi yang kompetitif dan berkarakter islam sebagai akhlaq mulia.

BACA JUGA WAK:  Mudik Dilarang, Pintu Masuk Tanjungpinang Diperketat

“Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi yang kompetitif dan berkarakter islam sebagai akhlaq yang mulia. Dengan adanya MTQ ini bukan semata mata hanya berlomba untuk membaca Al Qur’an tetapi juga untuk menguatkan umat islam untuk semakin mencintai dan membumikan Al Qur’an,” ujarnya

Tak lupa Walikota Tanjungpinang mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak yamg sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan MTQ ini.

“Melalui kesempatan ini, saya sebagai Pemerintah Kota Tanjungpinang ingin mengucapkan terimakasih dan memmberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah ikut berpartisipasi serta  mendukung suksesnya kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H Ansar Ahmad SE MM yang membuka secara langsung perhelatan MTQ tingkat Kota Tanjungpinang mengapresiasi pemko Tanjungpinang dengan terlaksana MTQ mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Tingkat Kota Tanjungpinang.

“Bulan Juli 2021 nanti kita akan gelar STQ tingkat Provinsi Kepri, maka kita harap hasil pada MTQ tingkat kota ini bisa menghasilkan Qori dan Qoriah untuk bisa mengikuti tingkat provinsi maupun tingkat nasional, di Maluku Utara,” ungkap Ansar.

BACA JUGA WAK:  Walikota, Satpol PP, TNI dan Polri Sidak ke Kedai Kopi

Ansar juga mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang yang sudah menggelar acara MTQ ini meskipun MTQ tahun ini pelaksanaan MTQ ke XV  sangat berbeda dari tahun sebelumnya dimana saat ini kita masih dalam Pandemic Covid 19.

“Untuk itu saya minta kepada seluruh yang terlibat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, insya Allah pada tanggal 1 nanti kita akan buat satgas Covid 19 yang akan kita tempatkan pada tempat – tempat keramaian secara permanen untuk menekan penyebaran angka Covid 19. Pada dasarnya Al Qur’an berisikan iktibar untuk memperteguh hati kita semua agar tidak terjadi perpecahan bagi kita semua,” pungkas Ansar. 

Dilanjutkan dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Provinsi Kepri, Sekdaprov Kepri, Walikota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, dan FKPD.(cr11)