Pemkab Asahan Kaji Ulang Tawaran Kerjasama Pos Kisaran

Kepala Kantor Pos Kisaran bertemu dengan Bupati Asahan Surya membahas kerjasama antara Kantor Pos Kisaran dengan Pemkab Asahan

KEPRINEWS.CO, ASAHAN – Kepala Kantor Pos Kisaran, Sumatera Utara, bertemu dengan Bupati Asahan Surya membahas kerjasama antara Kantor Pos Kisaran dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan tentang pengantaran dokumen kependudukan melalui sistem COD (Cash On Delivery) dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui Kantor Pos.

Tentang pengantaran domkumen kependudukan melalui COD, Kepala Kantor Pos Kisaran Kuswanto menjelaskan pihaknya akan mengantarkan dokumen kependudukan langsung kepemiliknya dengan biaya pengantaran dibebankan kepada sipemilik dokumen.

“Sistem COD akan mempermudah masyarakat dan tidak perlu lagi bolak-balik ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan,” kata Kepala Kantor Pos Kisaran, Kuswanto, Senin (22/3/2021).

Dan untuk kerjasama pembayaran PBB, Kuswanto berargumen hal tersebut sangat memungkinkan mengingat saat ini autlet Kantor Pos sudah ada diseluruh Kecamatan.

Tawaran kerjasama yang disampaikan Pos Kisaran itupun mendapat apresiasi dari Bupati Surya, langkah positif Pos Kisaran tersebut menurut Surya bertujuan untuk mempermudah 

masyarakat dalam urusan dokumen kependudukan dengan sistem COD. Kendati begitu, untuk hal tersebut Pemkab Asahan akan mengkajinya kembali.

Sedangkan kerjasama mengenai pembayaran PBB melalui Kantor Pos, Surya menyarankan agar melakukan komunikasi dengan Dinas terkait.

“Saya minta Kantor Pos Kisaran tidak melayani masyarakat Asahan yang tidak memiliki dokumen kependudukan ataupun dokumen kependudukannya tidak berlaku lagi,” ucapnya.

Surya menegaskan hal itu karena Pemkab Pemkab Asahan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah memiliki blanko yang cukup jadi tidak ada alasan masyarakat tidak memiliki dokumen kependudukan.

Dalam pertemuan tersebut terlihat, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, John Hardi Nasution, Kepala Dinas Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan.(zul)