Kamla Zona Maritim Barat Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap II

KEPRINEWS.CO.ID, BATAM, Setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap I pada 8 Maret 2021 berjalan lancar, aman, dan tanpa gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Puluhan personel Kamla Zona Maritim Barat yang berdinas di Batam kembali melaksanakan vaksinasi tahap II yang dilaksanakan di RS Badan Pengusaha (BP) Batam, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 1, Sekupang, Batam, Senin (22/3/21).

Sebelum pelaksanaan seluruh personel yang mengikuti vaksinasi berkumpul di lapangan apel Kantor Kamla Zona Maritim Barat untuk dilaksanakan apel persiapan. Kepala Sub Bagian TU Rumga Kamla Zona Maritim Barat Letkol Bakamla Syariefuddin, S.Ag, S.H., memimpin langsung pelaksanaan apel.

Letkol Bakamla Syariefuddin mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi dihimbau kepada seluruh personel yang mengikuti vaksinasi tetap memperhatikan Protokol kesehatan dengan memperhatikan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Ini merupakan salah satu bentuk kewajiban kita sebagai aparat negara dalam membantu pemerintah memberantas penyebaran Covid-19,” jelas Letkol Syariefuddin.

Saat pelaksanaan vaksinasi, personel Bakamla RI harus melewati empat tahapan, sama seperti saat vaksinasi tahap pertama. Adapun tahapan tersebut adalah pendaftaran, verifikasi data calon penerima vaksinasi, skrining berupa pengecekan tekanan darah dan riwayat penyakit, Selanjutnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan terakhir pemantauan pasca vaksinasi.

Koordinator vaksin RS BP Batam untuk Bakamla RI dr. Ellyna mengatakan vaksin yang telah disuntikkan akan membangun mekanisme pertahanan tubuh penerima vaksin lebih kuat dalam menghadapi covid-19. “Dan tentunya juga didukung disiplin protokol kesehatan,” imbuhnya.

Vaksinasi ini diikuti personel dari Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Pangkalan Armada Batam, SPKKL Teluk Mata Ikan Batam dan KN Bintang Laut-401. (Kepri News / Dede)