SWRO akan Suplai Kebutuhan Air di 5.000 Rumah

Walikota bersama rombongan saat meninjau SWRO Batu Hitam.

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang menargetkan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam akan menyuplai air bersih untuk kebutuhan warga di 5.000 rumah. Untuk mewujudkan itu, Rahma meminta dukungan anggaran dari pemerintah pusat melalui Ibu Cen Sui Lan selaku anggota komisi V DPR RI untuk dapat mengoptimalkan sambungan ke rumah warga.

Hal itu disampaikan Rashma saat mengunjugi SWRO Batu Hitam bersama Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan dan Kepala BPPW Kepri Albert Rionaldo, Minggu (21/3).

BACA JUGA WAK:  LAM Minta Gedung, Seniman Minta Taman Budaya

SWRO merupakan sistem desalinasi mengolah air laut menjadi air tawar, yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Tanjungpinang.

“Target pemerintah bisa mengalirkan 5.000 sambungan air ke rumah warga. Tahun lalu sudah tersambung untuk 900 rumah, dan direncanakan 500 sambungan untuk tahun ini,” jelas Rahma.

Rahma juga menjelaskan, SWRO ini dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Pemko Tanjungpinang di bawah UPTD.

BACA JUGA WAK:  Rahma dan Risma Masuk 50 Perempuan Berpengaruh Melawan Covid 19

“Untuk SWRO Penyengat, melalui APBD Pemko telah tersambung untuk 100 rumah, dengan target 700 rumah yang akan dialiri”, ucapnya.

Lebih lanjut Rahma menambahkan, untuk pengelolaan SWRO sudah tidak ada kendala, hanya menunggu proses sambungan ke rumah warga.

“Doakan pemerintah dapat mengaliri 5.000 rumah sesuai target yang direncanakan”, harap Rahma.

Sementara itu Cen Sui Lan mengatakan bahwa SWRO di Tanjungpinang sudah berjalan baik. Hal tersebut disampaikannya saat turun langsung meninjau pengelolaan SWRO batu hitam.

BACA JUGA WAK:  Walikota dan Gubernur Tinjau Proses Vaksin Lansia

“Pengelolaannya sudah bagus, juga SWRO di pulau penyengat untuk jangka panjang”, ucapnya.

Ditambahkan, SWRO memiliki Kapasitas 50 liter/detik. Baik SWRO batu hitam dan SWRO penyengat sudah beroperasi dan pemanfaatannya sudah dirasakan oleh masyarakat. (*/tnt)