Sosialisasi Wasbang Sejarah Bangsa Indonesia

ISTIMEWA


KEPRINEWS.CO.ID,Kabuoaten Semarang – Dalam pelaksanaan kegiatan Non Fisik TMMD Reguler ke-110 Kodim 0714/Salatiga tahun 2021, yang bertempat di kantor Desa Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, diisi dengan pemberian materi tentang Wawasan Kebangsaan (wasbang) oleh Komandan Koramil 07/Susukan Kapten Arh widarto.

Sosialisasi bertujuan agar seluruh masyarakat Desa Ketapang benar-benar mengerti tentang sejarah Bangsa Indonesia.

Lebih jauh Kapten Arh Sudarto menyampaikan tentang falsafah bangsa Indonesia yang harus dipahami sejak dini dan perlunya ditanamkan ideologi sejak dini kepada generasi nanti.

“Kita berikan motivasi dan semangat kepada generasi muda dimulai dari pelajar untuk memahami Pancasila dan UUD 1945 beserta penerapannya dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, Ungkapnya.

Kapten Arh Widarto menambahkan bahwa wawasan kebangsaan harus ditanamkan kepada seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan.

“Sekarang ini semangat nasionalisme, patriotisme, jiwa kebangsaan, dan cinta tanah air sudah mulai luntur. Perkembangan dan kemajuan teknologi memudahkan masuknya pengaruh dan budaya asing yang merusak mental generasi muda. Budaya asing dapat melunturkan nasionalisme dan patriotisme,” kata Kapten Arh Widarto.

Untuk itu, lanjut Kapten Arh Widarto, generasi muda harus terus berupaya untuk terbebas dari dampak negatif budaya asing seperti pergaulan bebas, penggunaan narkoba, dan tawuran.

“Mereka harus terus diingatkan bahwa bangsa Indonesia memiliki akal budi, norma, dan adat istiadat ketimuran yang semuanya bernilai luhur”, pungkas Danramil Susukan. (Pendim 0714/Salatiga).