Bupati Asahan Minta Kadis PUPR Cepat Benahi Drainase

KEPRINEWS.CO.ID, ASAHAN – Bupati Asahan, Surya menginstruksik langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan Tengku Adi Huzaifah untuk memperbaiki tata ruang drainase diruas jalan Kota Kisaran yang selama ini menjadi salah satu penyebab genangan air bila musim hujan tiba. 

Bersama Wakil Bupati Asahan Taufik ZA, Bupati mendapati banyaknya lubang kontrol pembuangan air pada drainase yang ditutup masyarakat setempat, seperti Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat dan juga di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kisaran Timur Kecamatan Kota Kisaran Timur.

“Saya minta Kepala Dinas PUPR untuk segera memperbaiki tata ruang drainase, agar genangan air yang menggenang diruas jalan Kota Kisaran setiap musim penghujan dapat teratasi,” kata Surya saat meninjau langsung kelokasi, Jumat (5/3/2021).

Surya juga mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama dengan Pemerintah mengatasi permasalahan tersebut.

Karena menurut Surya, untuk mengatasi permasalahan tersebut selain drainase yang harus berfungsi dengan baik juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat yang berdomisili di Kota Kisaran untuk menjaga kebersihan serta tidak menutup secara permanen lubang kontrol pembuangan air yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

“Diharapkan kesadaran dari masyarakat yang telah menutup lubang kontrol pembuangan air untuk secara sukarela membongkar dan membuat kembali lubang kontrol pembuangan air di drainase tersebut,” ujar Surya.

Merespon imabuan Bupati, Kepala Dinas PUPR T. Adi Huzaifah menyatakan akan memberikan tanda berupa cat merah disetiap lokasi yang harus dibongkar dan dibuat kembali lubang kontrol pembuangan airnya.

Dan memberikan waktu 2 minggu kepada masyarakat untuk membongkar dan membuat kembali lubang kontrol pembuangan air secara sukarela dan bila dalam jangka waktu yang diberikan tidak dilakukan juga maka Dinas PUPR yang akan melakukannya sendiri. (zul)