P3APM Tanjungpinang Gelar Lomba Kelurahan Terbaik 2021

Kadis P3APM Kota Tanjungpinang Rustam

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang akan mengadakan kegiatan Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021 ini. Hal ini dikatakan oleh Kadis P3APM Kota Tanjungpinang Rustam, Kamis (18/2/21).

Kegiatan tersebut nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 24 s/d 25 Februari Tahun 2021. Pelaksanaan Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2021 mengusung tema Kelurahan Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera di Masa Pandemi Covid-19.

“Penetapan Juara Lomba Tingkat Kelurahan Kota Tanjungpinang Tahun 2021 ditetapkan keputusan Tim Penilai yang terdiri dari unsur OPD antara lain Dinas Kesehatan, Bappelitbang dan Kabag Tata Pemerintahan serta DP3APM,” ucapnya.

Aspek kriteria penilaian Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2021 terdiri atas :

  1. Evaluasi Bidang Pemerintahan meliputi Pemerintahan, Kinerja, inisiatif dan kreativitas, Kelurahan berbasis Teknologi dan Informasi dan Pelestarian adat dan budaya
  2. Evaluasi Bidang Kewilayahan meliputi Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan siaga bencana, Pengaturan investasi dan Pelestarian Lingkungan Hidup
  3. Evaluasi Bidang Kemasyarakatan meliputi Partisipasi masyarakat, Lembaga kemasyarakatan, Pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Keamanan dan ketertiban, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Penggulangan kemiskinan dan Peningkatan kapasitas Pemerintah Kelurahan dan Masyarakat.

“Kelurahan yang dinyatakan sebagai pemenang akan mewakili Kota Tanjungpinang untuk Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau,” pungkasnya.

Adapun persyaratan Lomba Penilaian di tiap Kelurahan adalah perkembangan pembangunan selama 2 tahun terakhir yaitu pada tahun 2019 dan 2020. Penilaian lomba kelurahan meliputi tahapan penilaian administrasi, pemaparan peserta lomba, dan klarifikasi lapangan serta menyampaikan video dokumenter atau audio visual yang mengambarkan kondisi wilayah, pelayanan, beserta inovasi serta potensi/keunggulannya sebagai bagian yang tidak terpisahkan tahapan penilaian administrasi.(cr11)