Kasus Covid Naik, Tapi Dana Insentif Nakes Belum Cair-cair

Mustafa, kepala Tata Usaha Puskesmas Seijang

KEPRINEWS.CO.ID,TANJUNGPINANG – Pademi Covid-19 hingga kini belum berakhir. Petugas kesehatan di berbagai puskesmas yang ada di kota Tanjungpinang masih tetap melakukan pelayanan penanganan Covid-19. Hal itu di ungkapkan oleh Mustafa selaku kepala tata usaha pukesmas Sei Jang saat di jumpai media ini di ruang kerjanya, Rabu (17/2/21).

“Pelayanan petugas Covid-19 yang disebut poli Covid-19 ada 4 orang dan di lapangan 5 orang semuanya dokter jadi jumlah total 9. Sementara dana tunjangan untuk petugas kesehatan hanya di dapat pada tahun 2020 saja. Untuk tahun 2021 belom ada sama sekali termasuk PKD tunjangan kerja yang hingga kini belum diterima tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Jumlah dana tunjangan Covid-19 itu berbeda-beda bagi setiap dokter dan perawat yang bekerja di puskesmas, semua itu tergantung lagi kepada pimpinannya yaitu Dokter Ketua Puskesmas, karena sifat
pimpinan tu macam-macam jadi tidak bisa disamakan dengan puskesman lain.

Diketahui jumlah keseluruhan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ikut terlibat untuk penanganan Covid-19 di Puskesmas Seijang ada 9 orang, 4 orang di Poli Covid dan 5 orang lagi yang langsung turun dilapangan. Sedangkan di Puskesmas Pancur ada 72 orang yang telibat dalam penanganan Covid-19 , ke 72 orang tersebut sudah termasuk Dokter, Perawat, hingga Tenaga Kebersihan.

Sementara menurut Kepala Tata Usaha Puskesmas Pancur Jum’at Amd, saat ditemui dikantornya menjelaskan untuk dana Covid-19 di puskesmas pancur sudah menerima pada bulan november tahun 2020, dana tersebut merupakan dana bantuan Covid dari pemerintah pusat untuk bulan Maret hingga bulan Agustus.

Setelah itu hingga sekarang tahun 2021 pihak tenaga kesehatan belum ada menerima dana tunjangan dan belum ada informasi kapan dana Covid-19 ini akan keluar.

“iya memang ada dana tersebut, tapi dana itu hanya kami terima sekali untuk bulan maret sampai bulan agustus , dan dana itu pun keluar sekitar bulan november. Kalau tahun 2021 ini memang belum ada informasi kapan dana akan cair lagi , ada atau tidaknya juga kita belum tau,” ungkap Jum’at.

Bagian pengelola dana Covid-19 Puskesmas Pancur Flora, juga menjelaskan beberapa rincian pembagian dana covid yang di terima oleh tenaga kesehatan. Untuk Dokter jumlah dana yang diterima sekitar 3 jutaan , untuk Perawat dana yang diterima sekitar 2 jutaan dan untuk yang lainnya menerima sekitar 1,5 jutaan.(cr11)