Kepala BP Batam Harapkan Pembayaran Zakat Penghasilan Pegawai BP Batam Dapat Diwujudkan

KEPRINEWS.CO.ID, BATAM – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menyambut positif layanan sedekah dan infaq melalui Masjid BJ Habibie dengan QR Code, yang pada Rabu (10/2/2021) lalu, diluncurkan BKDI BP Batam bekerja sama dengan BTN Syariah Batam.

Bahkan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengusulkan untuk juga dilakukan pelayanan zakat pegawai dengan teknologi serupa (qr code).

Hal ini disampaikan Kepala BP Batam usai pertemuan dengan para pegawai BP Batam, dalam rangka memberikan pengarahan menindaklanjuti hasil rakor bersama Menteri Kordinator Perekenomian, Kamis (11/2/2021) di Balairungsari, BP Batam.

BACA JUGA WAK:  Percepatan Pemulihan Pariwisata, Pelaku Pariwisata Di Kota Batam Divaksin Covid-19

Kepala BP Batam berharap rencana pelaksanaan layanan zakat penghasilan bagi pegawai BP Batam dapat terwujud.

Muhammad Rudi mengapresiasi atas inisiasi sedekah dan infaq digital tersebut, ia juga berharap kepada Ketua BKDI BP Batam, khusus pegawai yang muslim yang memiliki kewajiban untuk menyisihkan sedikit pendapatannya untuk zakat penghasilan di muka, agar dapat diatur juga kerja samanya menggunakan teknologi yang serupa.

“Memang ada yang dibayarkan di akhir tahun, ada yang langsung dipotong saat penerimaan gaji. Tapi alangkah baiknya langsung disisihkan untuk zakat penghasilan saat setiap penggajian,” ujarnya.

Bila kegiatan bernilai ibadah tersebut dapat terlaksana dengan baik, Muhammad Rudi berharap, hal itu dapat membantu masyarakat yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, maupun pihak-pihak yang berhak mendapatkannya.

BACA JUGA WAK:  Gebyar Melayu Pesisir dan Peresmian Galeri Dekranasda, HM. Rudi : Jadikan Momentum Kebangkitan Ekonomi Batam

“Jika ini bisa kita lakukan, untuk umat muslim saja yang bekerja formal, baik bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta, bisa sampai seratus milyar rupiah setahun. Bayangkan berapa banyak masyarakat yang bisa kita selamatkan dari uang zakat ini sendiri,” tuturnya.

Meskipun demikian, sistem pengawasan atau kontrol yang baik, dikatakan Muhammad Rudi, menjadi salah satu faktor utama penentu suksesnya program zakat penghasilan ini.

BACA JUGA WAK:  Puluhan Wartawan Di Batam di Vaksin, PWI Kepri Apresiasi Pemko Batam

“Pada prinsipnya saya sangat setuju. Asal tetap dikontrol agar jangan sampai terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangannya,” pungkas Muhammad Rudi.

Adapun tata cara berinfaq dan bersedekah melalui Masjid BJ Habibie BP Batam dengan QR Code sangatlah mudah sekali.

Cukup dengan melakukan scan pada QR Code di platfrom yang tersedia, seperti Link Aja, Ovo, Gopay, Dana, Shopee Pay dan aplikasi pembayaran lainnya, lalu masukkan nominal yang akan diinfaqkan, maka secara otomatis infaq dan sedekah tersebut akan langsung masuk ke rekening BKDI BP Batam. ( Kepri News / r)