Ini Kata KPU Terkait Jadwal Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG- Pemilihan Gubernur sudah selesai sejak beberapa bulan lalu. Pasangan calon peraih suara terbanyak juga sudah ditetapkan KPU. Hanya saja jawal pelantikan pasangan calon terpilih belum juga muncul. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sriwati pelantikannya Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih KPU masih menunggu hasil pembacaan putusan dari Makamah Konstitusi (MK), Minggu (14/2/21).

“Kalau jadwal pelantikan Gubernur dan wakil gubernur Kepri bukan ranah KPU. KPU hanya menetapkan calon terpilih dan untuk itu kita menunggu hasil pembacaan putusan dari MK,” ucapnya

Karena dasar Presiden melantik Gubernur, berdasarkan surat penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dari KPU Provinsi. Sekarang ini hal itu belum dilakukan oleh KPU, karena masih ada sengketa di MK dan belum final.

Saat ini diketahui pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih masih  berproses di MK terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilgub Kepri. Dan hal itu dibenarkan oleh Sarafuddin Aluan SH dan mengatakan pada tanggal 16 Februari nanti sekira pukul  13.00 wib akan diumumkan.

“Keputusan Dismisal atau Keputusan Sela. Jika Permohonan di tolak maka MK mengeluarkan Surat Penetapan kemudian disampaian kepada KPU dan diteruskan ke KPUD lalu Pleno.  Menjadi Dasar surat ke Presiden melalui Mendagri,” ungkapnya.(cr11)