Sejak Dipegang Moya Keluhan Minim. Moya Berhasil Terapkan Strategi Ini

Pengelolaan Air Berbasis IT dengan sistem SCADA milik PT. Moya Indonesia - Kepri News/ist
  • Sejak dipegang oleh Moya dua bulan terakhir, keluhan itu sedikit demi sedikit berkurang.
  • Strategi yang dilakukan Spam Batam dan Moya dengan melakukan pemerataan aliran dan tekanan.

KEPRINEWS.CO.ID, BATAM – Hingga setahun kebelakangan, masih banyak pelanggan air bersih di Batam yang teriak, air tak mengalir sampai ke rumahnya. Kalau pun mengalir, hanya di jam-jam tertentu dan durasinya sangat singkat.

Nah, sejak dipegang oleh Moya dua bulan terakhir, keluhan itu sedikit demi sedikit berkurang

Pelanggan air bersih di Batam sudah bisa menikmati air langsung dari kran di rumahnya masing-masing.

BACA JUGA WAK:  Dukung Gaya Hidup Sehat, HARRIS DAY 2021 Hadirkan Kompetisi Lari Dan Balap Sepeda Secara Virtual

Meski belum maksimal, namun peningkatan terus terjadi. Dan semua konsumen air bersih di Batam menikmatinya.

Hal ini dibenarkan oleh Corporate Communication Manager PT Moya Indonesia, Astriena Veracia.

Dijelaskannya, saat ini spam Batam sudah menaikan produksi menjadi 3.310 liter per detik (lps).

“Mulai tanggal 7 Februari kemarin kita sudah naikkan produksi air kita ke angka 3.310 liter per detik,” ungkapnya Vera pada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Saat pertama kami mengoperasikan Spam Batam, ia mengatakan produksi air hanya diangka 3.269 liter per detik.

“Ada kenaikan sekitar 41 liter per detik, pelan-pelan terus kita tingkatkan,” ujarnya.

BACA JUGA WAK:  Dukung Gaya Hidup Sehat, HARRIS DAY 2021 Hadirkan Kompetisi Lari Dan Balap Sepeda Secara Virtual

Peningkatan ini jelas Vera, sangat berpengaruh positif bagi masyarakat Batam, khususnya mereka yang tinggal di pemukiman-pemukiman tinggi yang selama ini selalu bermasalah dengan aliran air bersih.

“Warga yang sebelumnya tidak menerima air, sekarang sudah mulai mendapatkan air. Dari pelanggan yang semula hanya beberapa jam menerima air, sekarang sudah ada kenaikan,” paparnya.

Strategi lain yang dilakukan Spam Batam lanjut Vera, dengan melakukan pemerataan aliran dan tekanan.

“Area yang semula bertekanan tinggi, air mencapai lantai 2 dan 3, sekarang dikurangi sampai di lantai 1 dan area yang bertekanan rendah dinaikan,” paparnya.

BACA JUGA WAK:  Dukung Gaya Hidup Sehat, HARRIS DAY 2021 Hadirkan Kompetisi Lari Dan Balap Sepeda Secara Virtual

Langkah ini diambil tujuan masyarakat di stressed area dapat menikmati air bersih dengan baik.

“Jadi jika ada pelanggan yang mengeluhkan air sekarang tidak sampai lantai 3, itu karena kami melakukan pemerataan agar area yang tekanan rendah dapat dinaikan, dengan diimbangi peningkatan produksi,” jelasnya.

Kenaikan tekanan ini lanjut Vera ditandai dengan adanya peningkatan kebocoran di beberapa titik.

“Tapi sudah langsung bisa kita atasi, karena hal-hal tersebut sudah diperkirakan sebelumnya, sehingga dengan cepat dapat diatasi,” tutup Vera. ( Kepri News / Dd)