Pemkab OKU Selatan Dukung Penuh Kemajuan PDAM Tirta Saka Selabung

Rapat Evaluasi Kinerja PDAM Tirta Saka Selabung di Ruang Rapat Terbatas Kantor Bupati OKU Selatan.

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan dari PDAM Tirta Saka Selabung. Hal ini diungkapkan Bupati OKU Selatan, Popo Ali M., B.Com, saat memimpin Rapat Evaluasi Kinerja PDAM Tirta Saka Selabung di Ruang Rapat Terbatas Kantor Bupati OKU Selatan, Kamis (4/2) siang.

“Ini kebijakan Pemda. Kita terus berkomitmen memangun PDAM lebih besar, lebih luas jangkauan pelayanan ke masyarakat. Terutama di wilayah pariwisata. Demikian juga untuk kantong-kantong ekonomi yang potensi pelanggan dan kebutuhan masyarakatnya tinggi,” kata Bupati.

Sejauh ini, kata dia, Pemkab OKU Selatan melihat kemajuan dari salah satu BUMD Kabupaten OKU Selatan ini semakin baik. Meskipun demikian, dia berharap agar hal ini terus ditingkatkan apalagi ke depan ekspektasi masyarakat terhadap kinerja dan pelayanan PDAM akan semakin tinggi.

“Ini memang bukan hal mudah. Untuk itu, perlu kerjasama berbagai pihak. Badan pengawas juga mengevaluasi dan meminta informasi terkait kinerja PDAM ini, karena ini termasuk investasi kita dan untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini kinerja dari PDAM Tirta Saka Selabung sudah cukup baik, meskipun demikian Bupati tetap mengharapkan agar kinerja ini terus ditingkatkan. Karena, Bupati menilai, memang masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki salah satunya mengenai pendapatan perusahaan dan berkaitan dengan sumbangsih perusahaan untuk pemerintah daerah selaku pemegang saham tunggal.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Saka Selabung, H. Hendra Gunawan, S.T., M.M., menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun ini, PDAM Tirta Saka Selabung terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan meminimalisir permasalahan yang ada. Mulai dari mengenai pegawai, kehilangan air dan berbagai masalah lainnya.

Diungkapkannya, total pelanggan PDAM sejauh ini berjumlah 9.295, dan ini terus mengalami penambahan setiap tahun khususnya sejak tahun 2015. Tak hanya itu, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kualitas air yang disalurkan kepada para pelanggan.(*/ink)