Hari ini Pemberian Vitamin A Serentak Se-Tanjungpinang

KEPRINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang Hj Rahma memberikan tetesan vitamin A secara simbolis di Posyandu Merak Jalan Pompa Air Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari. Pemberian asupan vitamin A itu dilaksanakan serentak di Kota Tanjungpinang, Kamis ( 4/2/21 ).

Pemberian vitamin A secara serentak ini dilaksanakan langsung untuk 22.080 anak, dimana bayi yang berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A biru sebanyak 3.822 anak dan balita usia 12-59 bulan diberikan vitamin A merah berjumlah 18.257 anak. 

Untuk menciptakan generasi yang sehat di masa depan Walikota Tanjungpinang juga menjelaskan jika pemenuhan gizi  pembangunan kesehatan menjadi investasi utama untuk pengembangan sumber daya manusia ( SDM ).

” Saat ini Indonesia mengalami tiga masalah gizi yang disebut juga dengan triple burden of malnutrition ketiga masalah gizi itu adalah defisiensi zat gizi mikro, gizi lebih, dan gizi kurang. Defisiensi zat gizi mikro ini disebabkan karena kekurangan asupan, penyerapan atau penggunaan satu atau lebih vitamin dan mineral, dan Vitamin A merupakan zat gizi yang penting ( esensial ) bagi manusia karena zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar, Terkhusus untuk bayi dan balita pemberian suplementasi Vitamin A melalui kapsul Vitamin A, ” ungkap Rahma.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, dr. Nugraheni Purwaningsih menjelaskan kegiatan rutin tahunan ini digelar serentak setiap bulan Februari dan Agustus. Kegiatan ini merupakan program nasional untuk memenuhi gizi mikro bayi dan balita. 

” Semua balita mengikuti pemeriksaan kesehatan. Berat badan setiap anak ditimbang lebih dulu. Setelah itu pengukuran tinggi badan. Kemudian, anak diberi tetesan vitamin A,” ujar dr. Nugraheni Purwaningsih.

Mengingat pemberian vitamin A sangat penting dan masih dalam keadaan pandemic, untuk itu Rahma mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. 

Kegiatan ini berlangsung serentak melibatkan 139 posyandu, 43 Taman Kanak Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan 86 taman bermain. Sedangkan untuk capaian pemberian vitamin A di kota Tanjungpinang, Nugraheni menyebutkan di tahun 2019 pemberian vitamin A mencapai sekitar 90%, sementara di 2020 mencapai 82,3%.(cr11)