Warga Tambelan Dapat Bantuan Empat Unit Pompong

Pompong bantuan

KEPRINEWS.CO.ID, BINTAN – Aspirasi salah satu anggota DPRD Bintan dari Dapil Tambelan untuk pengadaan empat unit pompong pada APBD Bintan 2020 lalu ternyata terwujud. Empat kapal pompongnya sudah lama tersedia, namun belum didistribusikan.

Calon penerimanya adalah para nelayan Tambelan Bintan sesuai dengan pengajuan pada 2019 lalu. Masing-masing adalah Zuliandi, Azwir, Imerdi dan Iswandi. Semuanya warga Tambelan. Pengadaan pompong ini sesuai dengan salah satu aspirasi anggota dewan dari partai Nasdem dapil Tambelan yang menjabat sebagai anggota dewan saat itu.

Awalnya pembelian pompong ini dianggarkan untuk 6 unit dengan anggaran Rp1 miliar. hanya saja, karena pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 hingga anggaran dipangkas dan tinggal Rp650 juta dan hanya bisa membeli empat unit pompong.

Mantan Anggota dewan dari partai Nasdem Helmi, waktu pembahasan dana aspirasi masih aktif, namun saat itu terjadi pemilihan legislatif dan yang bersangkutan tidak terpilih lagi sebagai anggota DPRD Bintan.

pompong bantuan untuk nelayan.

Belakangan, muncul kabar bahwa ada pihak yang ingin menguasai salah satu unit pompong dari empat pompong itu tangan mengkonfirmasi kepada mantan anggota dewan selaku pemilik pokok pikiran tersebut.

Bahkan, informasi yang berkembang ada salah satu saudara oknum anggota dewan Bintan mendesak untuk meminta satu unit pompong itu dengan meminta kepada Kepala Perikanan Bintan dan meminta agar salah satu dari nama yang sudah tertera sebagai penerima bantuan kapal pompong agar diganti namanya.

Informasi itu dibenarkan oleh mantan anggota dewan Bintan Helmi. Menurutnya, ia pernah ditelpon oleh Pimpinan proyek pengadaan pompong itu terkait adanya permintaan dari pihak tertentu. Hanya saja, mantan anggota itu menyatakan tidak bersedia memberikan kepada siapapun dan hanya ingin menyerahkan pompong itu sesuai dengan nama nama yang sudah diverifikasi saat pengajuan sebelumnya.

“Ini mesti diberikan kepada 4 orang yang sudah melengkapi persyaratannya sebagai penerima pompong. Ini Pokir saya saat menjabat anggota DPRD. Saya tidak mau ingkar janji kepada para 4 nelayan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Bintan Fachrisyah saat dikonfirmasi Rabu (3/2/21) mengatakan, bantuan pompong pada tahun 2020 dari dana aspirasi dewan sudah terealisasikan, bahkan sudah siap dan tinggal penyerahannya ke warga yang berhak menerima yang belum dilaksanakan.

“Sudah siap tinggal diserahkan dan hanya menunggu jadwal saja. Terkait nama-nama sudah sesuai dengan sasaran dan kepada masyarakat yang terdata juga sudah diverifikasi,” katanya.

Saat ditanya ada calon penerima baru yang diajukan anggota DPRD yang baru duduk di DPRD Bintan untuk meminta satu unit pompong, Fachrisyah membantahnya.

“Nggak ada. Semua sudah sesuai verifikasi dan itu data lama. Tidak ada data susulan yang baru. Jadi untuk penyerahannya nanti tunggu saja akan ada jadwalnya,” pungkasnya.

Diketahui empat unit kapal pompong itu sudah ada keberadaanya kini dua di Tambelan kapal kayu dan dua kapal Viber ada di Tanjungpinang.(cr11)