Mahasiswa STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Ajarkan Membaca Alquran dengan Tilawah

    TANJUNGPINANG – Pengabdian kepada masyarakat (PKM) di tengah situasi pandemi covid-19 merupakan kegiatan yang berat bagi mahasiswa. Namun ini bernilai ibadah untuk kita semua. Begitu juga yang dilakukan oleh dosen dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang. 

    Setelah bulan lalu sukses melaksanakan aksi “Berbagi 1000 Masker” di simpang lampu merah Pamedan dan menjadi kampus pertama di Tanjungpinang yang melaksanakan kegiatan tersebut, kali ini Program Studi PAI STAI MU kembali produktif dengan berbagai kegiatan bermanfaat.

    Dosen dan mahasiswa PAI STAI MU berkolaborasi dalam kegiatan PKM bertema “Pembelajaran Al-Quran dengan Tilawah” di TPQ Al-Muhajirin di jalan Suka Maju RT.003 RW.013 Kp. Sidomulyo KM.11 Tanjungpinang, Minggu (1/11).

    BACA JUGA WAK:  Plt Walikota Tinjau Pasar Kawat Tanjungbalai

    Kegiatan yang bertepatan dengan Hari santri dan Maulid Nabi ini merupakan bentuk kepedulian STAI MU terhadap kualitas dan keterampilan santri dalam membaca Al-Quran. Hal ini disampaikan oleh Dra. Hj. Hernawati, M.Pd, selaku Waket II mewakili ketua STAI MU pada kegiatan tersebut. 

    “Kita tahu bersama bahwa mempelajari Al-Quran tentu dimulai dengan cara membacanya (tilawah) sehingga pengucapan lafas-lafas Al-Quran menjadi baik dan benar, sudah menjadi keharusan STAI MU sebagai kampus agama Islam untuk mengajarkan kepada para santri”, kata Hernawati.

    Pembelajaran Al-Quran dengan tilawah ini melibatkan para mahasiswa PAI yang berprestasi. Sebagian mereka merupakan mahasiswa bidik misi penerima beasiswa dari Kemenag dan memiliki nilai akademik yang cemerlang. Selain itu para mahasiswa baru juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Sebagaimana yang disampaiakan oleh Milasari, M.Pd.i selaku ketua Prodi PAI dan panitia pelaksanan kegiatan.

    BACA JUGA WAK:  Plt Walikota Tinjau Pasar Kawat Tanjungbalai

    “Mahasiswa kita libatkan dalam kegaiatn ini, setelah mendapat bekal pembelajaran dari kampus, terutama para mahasiswa baru untuk melatih mental dan mengasah ilmu mereka khususnya dibidang agama”, ujar Mila.

    Tidak hanya mahasiswa, para dosen STAI MU juga ikut berpartisipasi. Turut hadir Ahmad Fadhil Rizki, S.Pd, M.H sebagai mentor mahasiswa dalam kegiatan tersebut. Ditempat yang sama juga hadir Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Eko Hermawan, M.Ak membersamai kegiatan tersebut.

    BACA JUGA WAK:  Plt Walikota Tinjau Pasar Kawat Tanjungbalai

    Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan, dari Oktober hingga Desember. Para peserta tidak hanya dari kalangan santri saja, masyarakat sekitar juga antusias mengkuti kegiatan tersebut. Terutama para ibu-ibu majelis taqlim juga belajar bersama para mahasiswa STAI MU. Mereka merasakan manfaat dari kegiatan ini dan merupakan kegiatan pertama  yang diadakan dilingkungan mereka.

    Kedepannya, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang akan terus produktif menghasilkan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Tidak terkecuali dimasa pandemi saaat ini, karena sudah semestinya STAI MU mnenjadi kampus humanis dan religius yang bermanfaat dan mengedukasi masyarakat.(*/yes)