Antisipasi Gangguan, bright PLN Batam Tingkatkan Pemeliharaan Jaringan

KEPRINEWS.CO.ID, BATAM – bright PLN Batam berupaya menghindari terjadinya ganggunan jaringan listrik di wilayah Batam, dengan melakukan pemeliharaan rutin.

Vice President Public Relation bright PLN Batam, Samsul Bahri menjelaskan, selama beberapa hari kedepan pihaknya terus melakukan pemanatauan sekaligus melakukan pemeliharaan di beberapa titik distribusi jaringan tegangan menengah, dan tegangan rendah mengingat kondisi cuaca di wilayah Batam kadang berubah-ubah.

”Kegiatan ini sebagai tindakan preventif agar tidak terjadi pemadaman dan kerusakan pada sektor kelistrikan. Pemeliharaan ini terus dilakukan selain untuk menjamin kelangsungan pasokan listrik, juga sebagai upaya penurunan gangguan yang disebabkan oleh berbagai faktor,” terang Samsul.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan, proses pemeliharaan jaringan listrik terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari penggantian peralatan dan material yang telah usang, pemasangan gardu portal dan kuga menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan pohon.

Samsul mengatakan pemeliharaan jaringan listrik, pemeliharaan gardu distribusi dan pemeliharaan trafo sangat penting untuk kelangsungan pasokan listrik.

“Dalam suatu sistem kelistrikan, masing-masing komponen memiliki fungsi yang vital untuk menyalurkan listrik ke konsumen. Seperti gardu distribusi misalnya, memiliki peran yang vital dalam menyuplai pasokan listrik dari jaringan ke rumah pelanggan selama 24 jam,” beber Samsul

“Untuk itu, agar pasokan tetap andal dan terjaga, maka jaringan listrik, mesin dan peralatan di gardu juga perlu dipelihara. Ibarat mobil, maka mesin harus diservis secara berkala,” ujarnya.

Dalam masa pemeliharaan yang dilakukan sejak beberapa waktu lalu ada sebagian kecil daerah yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik ke rumah pelanggan selama sekitar 2-3 jam.

“Akan terjadi pemadaman pada sekitar lokasi pemeliharaan, karena disamping melayani pelanggan kita juga harus memperhatikan keselamatan petugas, sehingga saat sedang ada pemeliharaan kita pastikan semua aliran listrik harus padam,” jelasnya.

Samsul menambahkan bahwa pemadaman akibat pemeliharaan jaringan akan diinformasikan terlebih dahulu oleh bright PLN Batam melalui website www.plnbatam.com . Informasi padam akan di-update minimal satu hari sebelum pekerjaan dilakukan.

“Oleh karena itu kami meminta bantuan masyarakat, apabila terjadi pemadaman listrik diluar jadwal yang kami bagikan. Maka dipastikan hal tersebut adalah gangguan. Silahkan hubungi Contact Center 123 atau 0778 123 untuk melaporkannya kepada kami,” pungkas Samsul. ( Kepri News / fqn)