Desa Belungkur itu Indah Tapi Minim Jaringan Komunikasi

KEPRINEWS.CO.ID, LINGGA,- Calon Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan kalau dirinya diberi amanah untuk menjabat Gubernur Kepri akan mendata seluruh pulau dan desa di Kepri yang belum terjangkau listrik dan jaringan telekomunikasi. Selanjutnya akan diperjuangkan ke pusat. Listrik dan jaringan telekomunikasi merupakan program nasional yang sudah harus rampung di era pemerintahan Joko Widodo.

Pernyataan Ansar Ahmad tersebut disampaikan ketika menggelar kampanye di Desa Belungkur Kecamatan Lingga Timur Kabupaten Lingga, Kamis (8/10). “Tentu kita prihatin kalau masih ada desa dan wilayah yang belum terjangkau listrik dan jaringan telekomunikasi. Karena itu persoalan ini harus kita bawa ke pusat karena daerah tidak mungkin bisa mengcover lagi,” katanya.

BACA JUGA WAK:  Gelar Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar Sumatra

Persoalan listrik dan jaringan telekomunikasi di Kepri, kata Ansar, merupakan petrsoalan serius yang harus segera dicarikan solusinya. Meski masyarakat tinggal di pulau dan desa tetap memerlukan informasi yang cepat, energi listrik untuk mendorong usaha dan mempermudsh urusan rumah tangga.

“Di era sekarang listrik dan jarinngan telekomunikasi merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu harus diperjuangkan karena memang hak masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA WAK:  Wali Kota Batam HM Rudi Berbangga, Batam Miliki Banyak Qori dan Qoriah

Kalau dirinya terpilih sebagai Gubernur Kepri, kata Ansar, dirinya akan loby Komisi II DPR RI dan Kementerian terkait untuk membantu mengatasi masalah listrik dan jaringan telekomunikasi di Kepri yang masih bermasalah. “Harus serius diperjuangkan. Biar semua masyarakat Kepri cerdas dan tidak ada yang buta informasi,” kata Ansar.

Khusus di Desa Belungkur memang jaringan telekomunikasi dan internet tidak ada. Desa yang berada paling timur di Pulau Daik Lingga itu juga sangat susah aksesnya. Jalan utama menuju ke desa tersebut rusak parah dan berkumpur.

BACA JUGA WAK:  CATAT: Mulai 3/3/2021, Gebyar Melayu Pesisir Digelar Kembali di Kota Batam

Pada hal di desa ini punya potensi yang sangat luar biasa. Desa Belungkur punya kawasan pantai pasir putih yang eksotis. Pantainya sangat panjang dan disepanjang pinggir pantai tumbuh cemara yang indah.

“Potensi wisatanya luar biasa. Sayang kalau tidak digarap maksimal. Karena itu untuk mendorong Belungkur mendunia perlu jaringan telekpmunikasi yang memadai dan infrastruktur jalan yang bagus,” pungkas Ansar. (Kepri News /r)