Pjs Bupati Bintan Sambut Kedatangan Tenaga Kesehatan NSI

Pjs Bupati Bintan Buralimar menyambut kader NSI untuk di tempatkan di pulau terluar di wilayah Bintan
Pjs Bupati Bintan Buralimar menyambut kader NSI untuk di tempatkan di pulau terluar di wilayah Bintan.

KEPRINEWS.CO.ID, BINTAN – Kementerian Kesehatan RI meluncurkan program Pemenuhan Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Seluruh kader NSI (Nusantara Sehat Indonesia) akan ditempatkan di Puskesmas yang tidak/kurang memiliki tenaga kesehatan seperti dokter. Program ini untuk meningkatkan tenaga kesehatan hingga pelosok negeri.

Pjs Bupati Bintan Buralimar berkesempatan bersilahturahmi dan menyambut kader NSI usai melaksanakan fardhu Dzuhur di Masjid Jabal Arafah Batam, Minggu (4/10). Kades NSI ini akan ditugaskan di Puskesmas Tambelan sebagai pulau terluar Bintan mulai 5 Oktober 2020 hingga dua tahun ke depan.

“Alhamdulillah, ini bisa menjadi salah satu garda terdepan dalam peningkatan kualitas kesehatan. Di Tambelan Bintan punya puskesmas besar dan telah menjalin MoU dengan salah satu Rumah Sakit Kota Singkawang (Kalbar) sebagai tempat rujukan. Adanya tenaga kesehatan ini tentu bisa membantu tenaga medis kita dalam penanganan kesehatan” terangnya.

Kepala Bapelkes Kemenkes RI Batam Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid memaparkan bahwa Bapelkes Batam melatih 400 tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Lampung, Sumsel, Bengkulu, Riau dan Kepulauan Riau. Dari 15 orang yang ditempatkan di Kepri, 4 orang yang terdiri dari Dokter, Apoteker, Kesehatan Masyarakat dan Nutrisionis/Gizi akan ditugaskan di Puskesmas Tambelan.

“Semua tenaga kesehatan ini kita bekali juga dengana tata protokoler covid-19, mereka juga telah di Rapid Test sebelum pelatihan dan Telah di Swab Test sebelum diberangkatkan” tutupnya. (*/yes)