Ketersediaan Pangan Bintan Stabil dan Bisa Me-recovery Ekonomi

Pjb Bupati Bintan Buralimar saat meninjau perkebunan di Bintan.

KEPRINEWS.CO.ID, BINTAN – Saat ini pandemi mengikis setiap sektor. Hal yang terp0enting adalah ketersediaan pangan. Ketersediaan pangan di setiap daerah menjadi hal yang harus mendapat perhatian. Untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Bintan, Pjs Bupati Bintan Buralimar meninjau langsung Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan, Kamis (1/10). Tujuannya untuk mendapatkan data kesiapan pangan di Bintan.

Menurut adis Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan Khairul, saat ini ketersediaan pangan di Bintan dapat mencukupi hingga beberapa bulan ke depan. Selain itu, sektor pertanian yang ada pun mampu menjadi pemasok bagi kebutuhan pangan masyarakat.

Terkait hal itu, Buralimar langsung melihat Balai Benih Kabupaten (BBK) yang memiliki lahan hampir 4 hektare dengan variasi tanaman yang beragam. Salak Sari Intan, salah satu varietas unggulan dan telah mendapat sertifikasi sebagai verietas asli Bimtan menjadi lahan pertama yang dikunjungi Buralimar.

“Ini sangat menarik, Bintan punya banyak verietas yang telah terdaftar secara nasional. Salak Sari Intan salah satunya, ini tidak kalah dengan salak di daerah lainnya” sebutnya.

Hal menarik lainnya yang diungkapkan Buralimar, perkebunan salak ini bahkan mempunyai nilai ekonomis dan nilai edukasi. Perkebunan ini bisa dijadikan destinasi agrowisata bagi wisatawan dan menjadi edukasi bagi anak-anak. Selain itu, potensi perkebunan ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat dalam memulihkan keadaan ekonomi di masa pandemi.

“Masyarakat bisa jadikan ini untuk recovery economy (memulihkan ekonomi). Ada yang punya lahan, ada bibit yang disediakan, pekerjakan masyarakat sekitar dan dibina langsung oleh ahlinya” tutupnya. (*/yes)