Alhamdulillah, Hari Ini IGD dan Poliklinik RSUD Embung Fatimah Kota Batam Beroperasi Kembali

    KEPRI NEWS.CO.ID, BATAM – LAYANAN Instalasai Gawat Darurat (IGD) dan Poliklinik RSUD Embung Fatimah Batam mulai Senin (14/9/2020) kembali menerima pasien. RSUD menutup layanan itu sejak 28 Agustus 2020 setelah empat karyawannya tertular virus corona.

    Direktur RSUD Embung Fatimah Ani Dewiyana menyatakan staf dan tenaga kesehatan RSUD sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona berdasarkan tes swab. Hasil tesnya negatif.

    “Alhamdulillahirobbilalamiin besok pada hari Senin 14 September 2020, kami kembali memberikan pelayanan medis kepada masyarakat kota Batam dan sekitarnya,” ujar Ani dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/9/2020).

    Layanan IGD dan Polikinik tutup selama 16 hari atau dua kali masa inkubasi Covid-19. Pengumuman yang ditandatangani oleh Dr Ani Dewiyana selaku Direktur RSUD ditempel di sejumlah papan pengumuman dan pintu-pintu masuk RSUD sejak 28 Agustus.

    Ani memohon maaf selama dua pekan RSUD tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan secara umum kepada masyarakat.

    “Terima kasih berkat semangat dan dukungan dari masyarakat, kami dapat melewati masa karantina dengan baik, hingga dinyatakan sembuh dan dapat kembali memberikan pelayanan,” ujar dia.

    Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam yang juga Kepala Dinas Kesehatan Batam dr Didi Kusmarjadi mengungkapkan layanan IGD dan Poliklinik di RSUD ditutup setelah ada empat orang yang terdiri dari dua tenaga kesehatan dan dua manajemen di RSUD Embung Fatimah terpapar Corona.

    “Hal ini terpaksa kami lakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di RSUD Embung Fatimah,” kata Didi Jumat (28/8/2020).

    Kota Batam mencatat 938 kasus positif hingga 12 September 2020 sejak kasus corona pertama kali ditemukan sejak pertengahan Maret 2020. Dari total itu, 558 di antaranya sembuh dan sebanyak 38 kematian. (Kepri News / *)

    Sumber: Go Kepri