Kepri Gelap Gulita di Pukul 12.00 Siang, 26 Desember 2019

    Perkiraan Peneliti LAPAN tentang posisi matahari saat 26 Desember 2019, mendatang.

    Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

    JAKARTA Keprinews – Liburan Natal dan Tahun Baru kali bakal ada pemandangan alam yang langka dan unik. Sehari setelah Hari Natal, tepatnya pada 26 Desember 2019, akan ada fenomena alam akbar Gerhana Matahari Cincin. Kepri salah satu daerah yang akan gelap 100 persen.

    Menurut Dr Johan Muhammad dari peneliti Pusat Sain Antariksa LAPAN. Menurutnya, proses terjadinya gerhana cukup lama, yakni sekitar 4 jam. Bulan akan mulai menutupi mata hari sekitar pukul 10.19 WIB untuk Indonesia bagian Barat dan matahari akan gelap karena tertutup bulan sekitar 12.20 lalu, dan posisi bulan akan lepas dari bulatan mata hari pada pukul 14.04. Pada pukul 12.20 WIB ini, akan terlihat cincin cahaya yang dihasilkan gerhana matahari. Hal itu dijelaskan Dr Johan Muhammad menjelaskan dalam vlog resmi LAPAN di chanel YouTube.

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi

    Dalam video itu, dijelaskan seluruh wilayah di Indonesia akan dilewati oleh gerhana ini. hanya saja, intensitas gerhananya berbeda-beda. Daerah yang mendapatkan 100 persen gerhana adalah Kepulauan Riau, Padang Sidempuan, Sibolga, Siak, dan Singkawang. Kota-kota besar lain seperti Banda Aceh Medan, Padang dan Pontianak hanya mendapatkan 90 persen.
    Untuk wilayah lain di Indonesia seperti di Pulau jawa persentase kegelapannya antara 60 persen hingga 70 persen dan sementara untuk wilayah indonesai Timur kegelapannya mencapai 50 persen.

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi

    Gerhana Matahari Cincin berbeda dengan Gerhana Matahari Total. Pada Gerhana Matahari Cincin ini Bulan tidak sepenuhnya menghalangi Matahari. Penyebabnya karena posisi orbit Bulan sedang berada jauh dari Bumi. Akibatnya, gerhana memunculkan bentuk serupa cincin di sekeliling Bulan yang sedang menghalangi matahari. (art)

    Ini proses terjadinya Gerhana pada 2019 mendatang

    Mulai Gerhana 10:22:38 WIB
    Ggerhana Cincin 12:15:54 WIB
    Puncak Gerhana 12:17:43 WIB
    Gerhana Selesai 14:13:52 WIB

    BACA JUGA WAK:  Ternyata Peringatan Dini Gunung Semeru Tak Berfungsi