Ketua KPU NTT Berang dan Perintahkan Komisioner KPU Lembata Hadir Pleno

Kupang- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT, Maryanti Luthurmas Adoe, berang atas ketidak hadiran komisioner KPU Lembata dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)Hasil Perbaikan- 2 Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi NTT, Rabu (14/11/2018).

Pasalnya, rapat pleno tersebut harus dihadiri komisioner KPU Lembata, bukan dihadiri staf operator data KPU Lembata.

Ketidak hadiran Komisioner KPU Lembata dikarenakan tidak mendapatkan tiket pesawat. Sehingga diutuslah operator data mewakili komisioner.

“Itu keputusan yang kurang bijak karena dalam urusan ini kami butuhkan komisioner. Untuk urusan teknis baru kami butuhkan operator,” tegas Maryanti.

Kata Maryanti, kehadiran komisioner KPU Lembata adalah untuk mempertanggungjawabkan dalam rapat pleno, terkait rekapitulasi DPT hasil perbaikan-2 Pemilu 2019. Sehingga hal ini menjadi urusan komisioner.

“Tolong sampaikan komisioner KPU Lembata, kami tidak bisa memulai rekapitulasi data untuk Lembata tanpa kehadiran komisioner. Kami tunggu sampai komisioner datang,” ungkap Maryanti.

Selain itu, Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa mengatakan, rapat ini menyangkut pertanggungjawaban data, sehingga tidak bisa dilanjutkan tanpa kehadiran komisioner KPU Lembata.

“Ini menyangkut pertanggungjawaban data. Keputusannya dipastikan komisionernya,” kata Thomas.

Operator Data KPU Lembata, Yanuarius Ladjar mengatakan, ketidakhadiran komisioner karena tidak mendapat tiket pesawat. Hanya satu buah tiket yang didapat untuk penerbangan Larantuka-Kupang. Sehingga ditunjuk dirinya mewakili komisioner KPU Lembata.

“Tiket di Lewoleba kami tidak dapat. Kami dapat tiket di Larantuka dan hanya satu saja. Sehingga saya disuru mewakili,” ungkap Yanuarius dihadapan ketua KPU Provinsi dan para komisioner.

Atas ketidakhadiran sejumlah komisioner tersebut, Ketua KPU NTT Maryanti Luthurmas Adoe akhirnya menskors rapat pleno tersebut hingga Kamis (15/11/2018) jam 17.00 Wita untuk dilanjutkan.

(Al)