Pengecekan Rutin Kemampuan Personel Lantamal IV Setiap 6 Bulan Sekali

KepriNews.co.id – Tanjungpinang, Untuk mengecek kesiapan fisik personel yang terdiri dari Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melaksanakan tes kesemaptaan jasmani tahun 2018 di Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Jumat (21/9/2018).

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI, R. Eko Suyatno, S.E., M.M mengatakan, tes kesemaptaan jasmani ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan rutin kemampuan personel Lantamal IV setiap enam bulan sekali untuk mengukur kebugaran dan kekuatan stamina serta ketahanan fisik dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas masing-masing personel di setiap satuan-satuan kerja yang berada di Mako Lantamal IV.

BACA JUGA WAK:  Gubernur Ansar Ajak Jaga Harmonisasi Karena Pemulihan Kekacauan Butuh Waktu yang Lama dan Biaya Besar

“Selain kebutuhan rutin untuk mengetahui kebugaran dan kekuatan stamina serta ketahanan fisik, tes kesemaptaan jasmani ini juga merupakan syarat mutlak bagi setiap personel TNI AL yang akan mengikuti pendidikan lanjutan maupun yang akan diusulkan untuk kenaikan pangkat dan golongan,”ujarnya.

Dibeberkannya, pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani dibagi dalam dua gelombang, untuk gelombang pertama dilaksanakan bagi Perwira dan Bintara sedangkan gelombang kedua Tamtama dan PNS Mako Lantamal IV. Dalam tes tersebut setiap personel melakukan dua tahapan tes yakni semapta A terdiri dari lari selama 12 menit serta semapta Byang meliputi pull up, sit up, push up serta shuttle run.

BACA JUGA WAK:  Gubernur Ansar Ajak Jaga Harmonisasi Karena Pemulihan Kekacauan Butuh Waktu yang Lama dan Biaya Besar

“Dalam pelaksanaan tes tersebut seluruh personel Lantamal IV baik militer maupun PNS dapat menyelesaikan dengan baik seluruh tahapan tes baik semapta A maupun semapta B. Kegiatan tertersebut semakin semarak karena seluruh personel melaksanakan secara sungguh-sungguh dan penuh semangat,” tuturnya. (Penlantamal IV).