Tingkatkan SDM Desa, Mendagri Mampir di Kantor Walikota Malang

Keprines.co.id, Malang, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo datang ke Kota Malang, Selasa (31/7/2018). Direncanakan, besok, Rabu (1/8/2018), Mendagri akan menghadiri acara peningkatan kapasitas aparatur desa yang juga bakal dihadiri Presiden Joko Widodo.

Begitu tiba di Bandara Abdurahman Saleh, Malang, Menteri Tjahjo dan rombongan disambut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan mereka meluncur ke Kota Malang.

Awalnya, Mendagri hendak sarapan pagi di rumah makan rawon di daerah Rampal, Kota Malang. Tapi, secara mendadak acara sarapan pagi batal. Rombongan menteri tiba-tiba menuju ke kantor Walikota Malang. Di kantor walikota Malang, Tjahjo didampingi Gubernur Jawa Timur dan Pjs Walikota Malang, Wahid Wahyudi. Menteri Tjahjo sempat berkeliling kantor walikota. Ia sempat menengok beberapa ruangan dan menyapa para pegawai di kantor walikota.

Usai berkeliling, mobil Menteri Tjahjo dan rombongan kembali keluar dari halaman kantor walikota. Ternyata, rombongan kembali ke daerah Rampal hendak sarapan pagi yang tadi tertunda karena mendadak merapat dulu ke kantor walikota. Di temani Pjs Walikota Malang dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Tjahjo menikmati sarapan nasi rawon.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, kalau ada waktu luang di sela-sela kunjungannya ke daerah, akan selalu menyempatkan diri datang berkunjung ke kantor pemerintahan, entah itu kantor kepala desa, kelurahan, kecamatan atau Pemda.

Biasanya, kunjungan mendadak saja tanpa terencana. “Itu kebiasaan beliau kalau keluar kota. Jika ada waktu luang, misal dalam perjalanan dari bandara atau kalau mau ke bandara kalau ada masih ada waktu selalu sempatkan sidak (inspeksi mendadak),” kata Bahtiar, di Kota Malang, Selasa (31/7).

Sidak lanjut Bahtiar, selain untuk bersilahturahmi dengan aparatur pemerintahan yang kantornya di kunjungi, juga untuk melihat langsung pelayanan publik. “Ya itulah beliau, selalu sempatkan untuk berkunjung kalau ada waktu luang, “kata mantan Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. (elf)


 Advertoria Sanford 18/9/2017