MK Terima Gugatan Hasil Pilkada Sumba Barat Daya

Keprinews.co.id,JAKARTA- Di hari terakhir penutupan penerimaan gugatan hasil Pilkada serentak,Mahkamah Konstitusi (MK) RI akhirnya menerima gugatan hasil Pilkada Sumba Barat Daya (SBD), provinsi NTT, Rabu (11/7/2018) kemarin.

Selain SBD, ada empat kabupaten lainnya di NTT, laporan gugatannya telah diterima MK, yakni Rote Ndao, Manggarai Timur, Alor, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

“Gugatan Pilkada SBD yang dilaporkan calon bupati/wakil bupati Markus Dairo Talu (MDT) dan Gerson Tanggu Dendo (GTD) sudah diterima MK. Kita tunggu jadwal sidang,” kata ketua Koalisi MDT-GTD, Pdt.Ananias Bulu, Kamis (12/7/2018).

Ananias berharap, semua proses persidangan gugatan Pilkada SBD di MK dapat berjalan baik dan lancar. Dan bukti-bukti yang berupa dokumen, foto dan video terkait pelanggaran dan kecurangan Pilkada SBD, dapat mengungkap kejahatan Pilkada yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif. MK dapat memutuskan secara benar dan adil sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Semua bukti telah disiapkan. Kita berharap proses ini berjalan baik dan lancar. Semoga kecurangan dan kejahatan yang telah mencederai demokrasi terungkap,” harap Ananias.

Selain itu seperti yang dikutip dari Antara, Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT, Yosafat Koli, mengungkapkan lima kabupaten yang hasil penghitungan suara Pilkada telah digugat ke MK adalah Sumba Barat Daya, Rote Ndao, Manggarai Timur, Alor, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Sementara hasil penghitungan suara di lima kabupaten lainnya yakni Kabupaten Kupang, Nagekeo, Sumba Tengah, Ende dan Maumere belum ada pemberitahuan.

“Yang sudah kami terima laporan bahwa ada gugatan ke MK yakni lima kabupaten. Lima lainnya belum ada laporan. Kami masih menunggu hingga petang ini,”katanya.

Sementara untuk Pilgub NTT, hingga kini belum ada gugatan ke MK. Pihaknya masih menunggu hingga 13 Juli.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan lima kabupaten yang menggugat ke MK. “Memang jadwal sidang belum ditentukan, tetapi kami minta supaya disiapkan mulai dari sekarang,” tegasnya.

(Alle/ant)


 Advertoria Sanford 18/9/2017