Barang Selundupan Senilai Rp 1.684 Milyar, Berhasil Di Gagalkan KKP Polresta Barelang Batam

KepriNews.co.id, Batam- Kapolresta Barelang, Kombes Pol. Hengki mengungkap hasil kinerja Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP), yang berhasil menggagalkan penyeludupan barang ilegal yang masuk ke wilayah Indonesia. Rabu, (04/04/2018)

Berawal dari kecurigaan petugas KKP yang sedang berpatroli, melihat ada sebuah kapal boat kayu (pancung) asal Malaysia yang sedang melakukan aktifitas bongkar muat barang, pada hari Minggu sore (01/04) di Pelabuhan Rakyat Sagulung, Sagulung – Batam.

“Saat petugas melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal ditemukan tidak lengkap, atau tidak ada sama sekali, selanjutnya dilakukan pengamanan Kapal berserta awak dan berikut muatannya,” ungkap Kapolresta Barelang.

Muatan yang berhasil diamankan tersebut, diantaranya;
202 koli stik play station, 16 koli sarung tangan/handscon karet, 7 koli protective kit, 6 koli rangka sepeda, 6 koli kaos kaki, 4 koli charging dock, 3 koli regeltex, dan 1 koli plastik ucapan selamat.

Lanjut, Kombes Pol. Hengki mengatakan, Kapal beserta muatannya ini, rencananya dari Batam selanjutnya akan dibawa ke Moro – Tanjung Balai Karimun. Dengan pelaku dua (2) orang (H. Br – 31 Tahun dan M. Tf – 51 Tahun).

“Total kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp.1.684 Milyar, dan selanjutnya barang ilegal ini akan kita limpahkan kepada pihak Bea dan Cukai,” pungkasnya didampaingi oleh Kabid P2 Bea dan Cukai Batam, pada konfrensi pers (03/04), di Polsek Kawasan Pelabuhan Polresta Barelang, Sekupang – Batam.

Akibat dari perbuatan yang dilakukan pelaku, akan dijerat dengan undang-undang Kepabeanan nomor 17 tahun 2006, tentang perubahan atas undang-undang nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan, juncto PP No.10 Tahun 2012 tentang perlakuan kepabeanan.(*)

Editor: Andi Pratama


 Advertoria Sanford 18/9/2017