Dinilai Posisi Strategis Natuna, Anak Muda dan Jurnalis Gelar Saresehan Dialog Kebangsaan

Jaringan Jurnalist Indonesia (JJI) gandeng komunitas muda natuna (Komuna) gelar Saresehan Dialog Kebangsaan - Kepri News / ist

KepriNews.co.id – Natuna, Untuk kali kelima Riky Rinovsky dari Jaringan Jurnalist Indonesia (JJI) gandeng komunitas muda natuna(Komuna) menggelar Saresehan Dialog Kebangsaan yang diikuti oleh 100 orang peserta masing-masing 50 peserta dari kalangan mahasiswa dan 50 perserta lainya penggiat ekonomi Natuna.

Menurut Riky, giat yang rencananya akan digelar pada Rabu 28 Maret mendatang, menghadirkan Tiga narasumber diantaranya dari unsur pemerintah daerah, TNI dan Polri.

Tema kupas Posisi Strategis Natuna Dalam Kaitan Pembangunan Aspek Ekonomi Dan Pertahanan Keamanan Di Pulau Terdepan.

“Tema dari ketiga narasumber tersebut, kita meminta mereka menjelaskan kepada para peserta dengan apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat kepada daerah Natuna khususnya” terang Riky (25/3/2018) di Ranai Square.

Pembicara Letkol laut (P) Harry setiawan, S.E Danlanal ranai, kapolres natuna AKBP.Nugroho Dwi Karyanto,S.I.K serta dari unsur pemerintah daerah.

Lebih rinci Riky menjelaskan, pemaparan dari para narasumber tentang keberhasilan pemerintah pusat yang telah menjadikan Natuna sebagai wilayah pertahanan dan keamanan, juga meningkatkan perekonomian kerakyatan. Salah satu bukti nyata dari gebrakan pemerintah pusat yaitu dengan mendirikan pusat pelelangan ikan terpadu di Selat lampa, jaringan komunikasi serta sarana irigasi dan listrik di rasakan rakyat saat ini .

“Nah pemahaman ini yang kita minta untuk dipahami dan kembangkan oleh para peserta saresehan. Walaupun Natuna dijadikan sebagai wilayah pertahanan, tapi tingkat perekonomian juga dikuatkan” jelas Riky.

Sementara itu dari kalangan muda Natuna Dede Muhammad ramli berpendapat, dalam saresehan nantinya akan terbentuk penguatan karakter bagi para peserta untuk lebih memiliki rasa tanggung jawab terhadap kepedulian terhadap pembangunan di daerahnya.

“Kita tidak menampik dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat, untuk itu kita berharap semua lapisan masyarakat bisa menentukan sikap yang tepat dalam menanggapi seluruh program yang telah dibuat oleh pemerintah pusat mulai nyata dirasakan” papar Dede.

Menurut dede, banyak yang sudah dilakukan oleh pemerintah pusat untuk Natuna, seperti pembangunan Embung dan irigasi untuk mensuplay kebutuhan air, listrik sudah dialiri ke rumah warga dan jaringan telekomunikasi lancar.

“Oleh karenanya, kita semua bisa ambil andil dalam turut serta mengisi pembangunan didaerah kita sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik secara kelompok maupun perindividu” terangnya.

Kembali, dalam hal ini Riky Rinovsky dan para pemuda Natuna mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas perhatian penuh bapak presiden Jokowidodo melalu nawacita untuk Kabupaten Natuna sampai ke papua mulai nyata terasa. (Kepri News / r)


 Advertoria Sanford 18/9/2017