“Tadaka Puna” Kadiroma Menjawab Kemenangan MDT-GTD

Keprinews.co.id,TAMBOLAKA- Pilkada serentak Kabupaten Sumba Barat Daya, 27 Juni 2018, masih tinggal beberapa bulan lagi. Namun, tanda-tanda alam tradisi adat masyarakat SBD, telah menjemput awal kemenangan untuk Calon Bupati Markus Dairo Talu dan Gerson Tanggu Dendo (GTD).

Hal yang tidak masuk akal tapi nyata itu, dilakukan masyarakat Kadiroma Kecamatan Wewewa Tengah, Sumba Barat Daya, dalam kampanye terbatas MDT-GTD, Rabu (14/3/2018).

Di sela-sela kampanye itu, warga membuat seremonial “Tadaka Puna” memperlihatkan perubahan bentuk fisik Ayam Jantan yang dipotong mati oleh MDT dan setelah itu dipanggang. Setelah dibelah, hasilnya ayam jantan tersebut, berubah bentuk fisik baik dari luar hingga jantung, hati, dan usus.

Tampak fisik ayam berubah jauh dari sebenarnya. Dan menurut keyakinan warga setempat, itu menunjukan MDT-GTD benar-benar ‘jantan’ dalam pertarungan politik. Selain itu, MDT-GTD direstui alam dan akan memenangi pertarungan politik Pilkada 2018.

“Itu artinya MDT-GTD jantan. Dan mulus jalan menuju kemenangan. Mereka telah direstui alam dan leluhur,” ungkap David Buludapamoda Tokoh Masyarakat Kadiroma.

Katanya, masyarakat Kadiroma harus bisa menghadapi ‘penyakit-penyakit’ yang datang menyerang masyarakat. Selain itu jangan percaya terhadap isu-isu yang tidak bertanggung jawab memperburuk citra MDT-GTD.

“Saya harapkan masyarakat harus tahan pukul untuk terima penyakit-penyakit yang datang serang. Ada isu-isu bohong yang buat kita patah semangat dan patah hati. Sehingga jangan percaya isu bohong,” tegas David.

Selain itu, David mengingatkan warga Kadiroma untuk tidak memilih pemimpin atas dasar suku, agama, ras dan golongan.

“Saya minta masyarakat jangan pilih bupati atas dasar agama, suku, ras dan golongan. Mari kita pilih bupati SBD. Kadiroma menang, MDT-GTD menang,” pungkas Ketua Pemenang MDT-GTD Kadiroma.

Ratusan warga saat itu terlihat begitu antusias atas kehadiran MDT-GTD bersama Ibu Ratu Wulla Talu dan rombongan. Warga sepakat, akan memilih dan memenangkan MDT-GTD dan Viktory-Joss.

(Alvin Lamaberaf)


 Advertoria Sanford 18/9/2017