Kelapa Mentah Banyak Dicari di Natuna, Dan Ini Harapan Petani Ke Pemerintah

KepriNews.co.id -Natuna, Siapa tak mengenal kelapa? Pohon yang menjulang tinggi dan juga memiliki buah yang besar-besar ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimanfaatkan.

Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis Terlebih di kabupaten natuna provinsi kepri yang cenderung lebih panas.

Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama coconut ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.

Indra (45), warga Cemaga menuturkan, beberapa bulan belakangan ini warga cemaga memiliki kesibukan baru. Mereka, terutama sekali kaum pria banyak yang berkegiatan di kebun guna memetik dan merawat kelapanya.

“Alhamdulillah kelapa sekarang mulai ramai dibeli orang. Kita pun warga semangat menyiapkan kelapanya,” tutur indra di jumpai wartakepri.co.id, Selasa (20/2/2018).

Ia melanjutkan, kelapa yang dicari para pengusaha saat ini berupa kelapa mentah yang tidak memerlukan proses olahan sama sekali. Hal ini berbeda dengan yang dulu-dulu. Pengusaha banyak mencari kelapa olahan berupa kelapa kering yang sudah diolah melalui proses kopera.

“Sekarang gampang kita jual kelapa. Kita tak perlu repot-repot mengupasnya, membelahnya hingga mengeringkannya karena yang dibeli saudagar itu kelapa bulat. Jadi kita tinggal petik dan taruh dipinggir jalan saja, pengusahanya yang ngambil,” terang indra.

Mengenai harga, indra juga mengaku nilai jual kelapa bulat (mentah) cukup menggiurkan di mana pengusaha membeli kelapa dengan harga yang dinilai menguntungkan. “Harganya macam-macam, ada yang Rp. 5 ribu dua biji dan ada juga yang tiga biji, tergantung besarnya. Cukup untunglah jika di dibandingkan harga sebelumnya yang cuma seribu rupiah perbiji,” sebutnya.

Menurutnya, kelapa itu bisa menjadi alternatif pendapatan warga. Dia berharap agar usaha itu bisa berjalan selamanya dan pemerintah dapat mendorong perekonomian masyarakat melalui sektor yang satu ini.

Tidak hanya manfaat bagian kelapa tersebut, ternyata masih ada satu lagi bagian dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yaitu sabut kelapa. Meskipun merupakan salah satu jenis limbah, namun demikian, manfaat sabut kelapa ternyata digunakan menjadi banyak hal. Apa saja manfaat dari sabut kelapa? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. sapu ijuk
2. Media pembakaran pengganti kertas
3. Pembuatan pupuk organik
4. Menetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang bar dibuat
5. Pembuatan briket ramah lingkungan
6. Pembuatan kerajinan tangan
7. Pembuatan coco net
8. Sebagai bahan baki spring bed dan juga jok
9. Pembuatan keset

Berikut Video olahan sabut kelapa luar daerah semoga natuna bisa meniru atas potensi sangat besar ini menggerakan sektor Koperasi dan UKM Masyarakat. (Kepri News / Rikyrinovsky)


 Advertoria Sanford 18/9/2017