XL Axiata Bina 20 Ribu Anak Muda Indonesia Belajar di “eLearn.id”

Lebih Dari 20 Ribu Anak Muda Indonesia Belajar di “eLearn.id” Cara XL Axiata sediakan akses terhadap materi keahlian yang dibutuhkan generasi muda - Kepri News / ist

KepriNews.co.id – Jakarta, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan inovasi dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan membangun dan mengembangkan suatu online platform belajar bernama “eLearn.id”. Seiring dengan terus bertambahnya materi kursus belajar yang mengutamakan materi-materi keahlian yang masuk kategori paling dibutuhkan generasi muda Indonesia, maka semakin bertambah juga peserta yang mengikuti kursus yang tersedia. Saat ini, jumlah peserta telah tembus 20 ribu orang dari berbagai daerah dan latar belakang profesi. Sebagai komitmen perusahaan untuk menjangkau lebih banyak anak muda Indonesia mendapatkan manfaat dari pembelajaran online ini, XL Axiata mengadakan workshop/lokakarya mengenai Public Speaking & Career Planing yang di selenggarakan di Medan pada Sabtu, 16 Desember 2017.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan pers kepada KepriNews.co.id senin (18/12/2017) mengatakan, “Sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2014, kami terus melakukan pengembangan “eLearn.id” baik terkait menyangkut tampilan platform yang semakin menyenangkan dan memudahkan pengguna, materi kursus yang yang semakin beragam, format penyampaian materi yang semakin canggih, hingga pada mentor yang merupakan para ahli di bidangnya. Kini tersedia 26 kursus yang bisa diakses masyarakat, dengan 4 (empat) orang mentor. Selain itu, materi belajar juga tersedia dalam format video, sehingga memudahkan peserta untuk memahami materinya. Keberadaan eLearn.id ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk ikut memajukan dunia pendidikan agar anak-anak muda Indonesia mampu bersaing memperebutkan peluang tertinggi di tingkat global dan Internasional.”

Dian menambahkan, peningkatan jumlah peserta hingga puluhan ribu juga tidak terlepas dari pengembangan yang terus dilakukan mengikuti perkembangan jaman serta tren yang dihadapi oleh anak muda di Indonesia. Para peserta kursus memiliki latar belakang yang sangat beragam, mulai dari yang masih sekolah di tingkat SMA/SMK, mahasiswa, hingga mereka yang sudah bekerja. Asal daerah domisili mereka juga tersebat di berbagai daerah, baik di kota-kota besar, juga di kota/kabupaten di luar Jawa.

Substansi materi kursus yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda juga turut menjadi daya tarik sehingga anak-anak muda dari berbagai latar belakang pendidikan tersebut mengambil kursus berformat digital ini. Di antara kursus-kursus yang menarik tersebut antara lain adalah kursus yang bertujuan untuk menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja atau merintis karir, seperti kursus berjudul Pertanyaan 8 Juta Saat Interview dan Apakah Kamu Pejuang CV?, hingga Antara Cinta, Pernikahan, dan karir.

Bagi mereka yang ingin merintis jalan wirausaha, eLearn.id juga menyediakan kursus yang sesuai antara lain kursus berjudul Habis Lulus S1, Mau Ngapain?, Bangun Bisnismu Yuk!, Ledakan Ide Bisnis, Entrepreneurial Leadership, dan Presentasi 40 Juta. Sementara itu bagi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, juga tersedia kursus antara lain Pejuang Esai Beasiswa, dan Desain Ulang Masa Depanmu.

Begitu juga bagu mereka yang ingin meningkatkan kualitas dirinya, eLearn.id juga menyediakan kursus yang sesuai misalnya, Siap Berbicara Didepan Publik, Apa Itu Etiket & Etika?, Pandai Saja Tidak Cukup, Ingat!, Tata Cara Berpenampilan Umum, dan Yuk Belajar Personal Branding. Selain itu, ada juga kursus untuk mengasah keahlian yang diperlukan olah siapa saja, terutama kaum muda, misalnya Financial Planning untuk Millennials, Belajar Mengelola Stress, Cara Jitu Mengelola Konflik, dan Komunikasi Asertif, Anti Baper!.

Manfaat lain yang peserta dapatkan dari mengikuti kursus eLearn.id adalah sertifikat. eLearn.id menyediakan sertifikat digital bagi peserta yang telah menyelesaikan materi kursus dan mengerjakan semua pertanyaan dalam suatu kuis. Kuis ini merupakan sarana untuk mengukur pemahaman peserta atas materi-materi yang diberikan. Selain itu, peserta yang telah menyelesaikan tugas yang diberikan melalui eLearn.id akan mendapatkan “poin”. Poin-poin ini bisa mereka tukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti modem, laptop, tumbler, dan lainnya.

Hasil survey yang dilakukan oleh Cognition Education yang juga merupakan partner XL Axiata menunjukan bahwa pendidikan soft skill sangat perlu diperbanyak untuk melengkapi kualitas pendidikan Indonesia. Keberadaan eLearn.id juga menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mengakomodasi banyaknya permintaan dari kalangan mahasiswa yang ingin bergabung dalam program “XL Future Leaders Global Thinking” yang mengajarkan berbagai keahlian kepada pesertanya. Setiap tahunnya, lebih dari 12.000 mahasiswa mendaftar program XL Future Leader Global Thinking, namun, hanya 150 peserta yang berhasil lolos dan mengikuti program ini setiap tahunnya. Melihat tingginya minat mengikuti program pendidikan kepemimpinan ini, maka XL Axiata berharap hadirnya eLearn.id bisa memudahkan siapa saja untuk mendapatkan materi pendidikan softskill secara online, sehingga bisa diikuti kapan saja dan di mana saja. (Kepri news / r)